Cara Membuat, Menentukan, Menjaga dan Melaksanakan Prioritas

Bagaimana cara membuat, menentukan, menjaga dan melaksanakan prioritas? Banyak orang yang tidak tahu bagaimana caranya menyusun pekerjaan-pekerjaan dan tugas mereka berdasarkan urutan prioritas. Mereka hanya menganggap bahwa yang penting bagi mereka bahwa suatu pekerjaan itu tuntas dikerjakan, tidak lebih dari itu! Perlu diketahui bahwa setiap tindakan yang Anda lakukan itu mempunyai nilai yang berbeda-beda.

Nilai itu berdasarkan pada bakat, kemampuan, kesempatan, visi, nilai dan tujuan Anda. Misalnya, Anda dan tetangga Anda berdua sama-sama menghabiskan waktu selama satu jam untuk mengerjakan pekerjaan yang sama. Bagi Anda, bisa saja waktu yang sejam yang sudah Anda luangkan itu sangat berarti dan positif bagi Anda. Sementara bagi tetangga Anda mungkin waktu sejam itu hanyalah pemborosan waktu saja.

Orang-orang yang ingin sukses tentunya harus menggunakan waktu sebaik-baiknya dengan tujuan jelas dan positif. Manajemen waktu merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan, menjaga dan melaksanakan prioritas Anda. Untuk itu Anda harus menggunakan sebuah strategi prioritas-prioritas untuk mengatur waktu Anda.

Bagaimana Menentukan Prioritas Anda


Sebelum Anda dapat menentukan apa yang akan Anda lakukan pada hari tertentu, mula-mula Anda harus memiliki gambaran yang lebih luas tentang bagaimana Anda akan meluangkan waktu Anda. Ajukan pertanyaan berikut pada diri Anda, hal ini akan membantu Anda dalam menentukan prioritas Anda kedepan:

1. Apa yang diperlukan dari saya? Untuk menentukan prioritas Anda harus selalu dimulai dengan apa yang diperlukan dari Anda. Tentunya, pasti ada saja pekerjaan dan tugas-tugas  tertentu yang harus Anda kerjakan. Satu hal yang penting untuk dicatat adalah, pertimbangkanlah dahulu apakah sesuatu itu memang perlu dikerjakan, jika "ya" apakah memang harus dilakukan oleh Anda sendiri. Jangan lupa bahwa ada tugas atau pekerjaan tertentu yang memang perlu, tetapi tidak harus Anda sendiri yang melaksanakannya. Kadang-kadang  pekerjaan itu bisa diwakilkan atau di delegasikan kepada orang lain dan Anda cukup mengawasinya.

2. Apa yang paling menguntungkan bagi saya? Sebaiknya kita selalu mencoba untuk mengerahkan segala daya kita pada hal-hal yang kira-kira akan paling menguntungkan kita, dan pada hal-hal yang menurut perkiraan kita bisa kita lakukan lebih baik dari orang lain. Sedikit tips manajeman waktu, gunakanlah prinsip 80/20 sebagai pedoman. Sebaiknya kita meluangkan 80 persen dari waktu kita di tempat-tempat yang kira-kira akan paling menguntungkan dan 20 persen sisanya di tempat lain. Inilah cara terbaik untuk menggunakan waktu.

3. Apa yang paling memberi saya kesenangan? Bagi sebagian orang, sesuatu yang paling memberikan keuntungan, biasanya juga yang paling memberikan kesenangan. Tetapi, sebenarnya tidak selalu demikian. Apapun keadaan Anda, Anda perlu untuk bekerja di tempat-tempat yang bisa memberi rasa senang. Dengan cara ini Anda akan terus termotivasi, karena Anda dengan senang hati mengerjakanya.

Bagaimana Menjaga Prioritas Anda


Segala sesuatu yang istimewa dan unik biasanya sangat rawan dan memerlukan perawatan yang terus menerus. Maksudnya adalah setelah Anda menentukan Prioritas Anda, maka Anda tidak boleh berhenti begitu saja. Diperlukan usaha dari Anda untuk melaksanakanya, dan menjaga prinsip-prinsip itu.

Berikut  Tips 3 Hal Penting Untuk Menjaga Prioritas Anda:


1. Evaluasi. Pertama kali evaluasilah apa-apa yang seharusnya Anda lakukan berdasarkan pada tiga pertanyaan yang berhubungan dengan kebutuhan Anda, keuntungan dan kesenagan Anda. Anda bisa membaca kembali atau melihat sekali lagi tiga pertanyaan seperti diatas pada hal menentukan prioritas Anda. 

2. Mengurangi. Selanjutnya, kurangilah pekerjaan yang tidak perlu Anda lakukan. Wakilkan atau coba untuk mendelegasikan pekerjaan yang harus dikerjakan tetapi masih dapat dikerjakan oleh orang lain.

3. Mempertimbangkan. Catatlah pekerjaan dan tugas yang harus Anda lakukan untuk bisa mencapai tujuan Anda. Tambahkan juga informasi mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut dan siapa-siapa saja orang yang akan bisa diminta bantuan untuk keberhasilan Anda.

Dalam menjaga prioritas Anda, Anda dituntut untuk disiplin dan konsisten. Hal ini akan membentuk kebiasaan Anda yang positif dan melatih gaya kepemimpinan Anda untuk mengantarkan Anda pada keberhasilan dan kesuksesan Anda nantinya. Tentunya semua dimulai dari Anda bagaimana cara berpikir positif, dan sikap positif Anda menentukan keberhasilan dan sukses Anda dalam tujuan meraih cita-cita masa depan sukses Anda.

Bagaimana Melaksanakan Prioritas Anda


Setelah menentukan apa-apa yang harus dikerjakan, Anda harus bekerja berdasarka prioritas-prioritas itu. Kebanyakan orang menyusun pekerjaan mereka lebih berdasarkan pada kebutuhan yang mereka rasakan dari pada prioritas yang ada. Mereka sangat reaktif bukannya proaktif. Kalau ingin berhasil, Anda tidak boleh bekerja dengan cara seperti itu.

Agar Anda dapat bekerja berdasarkan pada prioritas Anda, berikut ini ada tips lagi buat Anda untuk dapat konsisten melaksanakan prioritas Anda, tentunya bekerja berdasarkan prioritas utama Anda.

Berikut tips untuk melaksanakan pekerjaan berdasarkan prioritas Anda:


1. Buat Daftar Prioritas Setiap Hari

Ambil selembar kertas kosong dan mulailah menuliskan daftar prioritas apa-apa yang akan Anda kerjakan esok, sebagai latihan Anda cobalah untuk menuliskan enam daftar prioritas pada kertas yang sudah Anda siapkan, kemudian beri nomor berdasarkan urutan prioritas terpenting dalam daftar prioritas Anda. Jika sudah, lipat kertas itu dan masukan kedalam kantung Anda. Dan besok pagi sebelum Anda melakukan apa-apa, keluarkan dan bukalah kertas yang berisi daftar prioritas Anda dari kantung Anda dan kemudian fokus lihatlah pada masalah nomor satu. ingat! Hanya yang nomor satu saja!. Jangan melihat pada nomor yang lain! Lalu, mulailah kerjakan masalah itu sampai selesai.  kemudian lanjutkan dengan masalah yang nomor dua pada daftar prioritas Anda, dengan cara yang sama kemudian nomor tiga dan selanjutnya sampai selesai semuanya. Jangan khawatir jika Anda hanya bisa menyelesaikan masalah yang nomor satu dan nomor dua saja karena keduanya merupakan yang paling penting. Lakukan hal itu pada setiap hari kerja!.

Memang wajar bahwa orang tidak senang bekerja berdasarkan urutan kepentingannya. Kebanyakan lebih mendahulukan pekerjaan yang lebih menyenangkan bagi mereka. Tapi, ketahuilah dalam hal pengelolaan waktu ini, tidak ada yang lebih baik dari pada bekerja berdasarkan urutan prioritas. Cobalah lakukan hal ini dalam satu bulan saja dulu, pasti Anda akan merasakan manfaatnya yang besar. Pasti orang-orang di sekitar Anda akan bertanya-tanya dari mana Anda dapat tambahan energi begitu banyak. Padahal yang benar adalah bukan Anda bertambah energi, tetapi kini Anda bisa lebih baik mengatur untuk kepentingan apa saja energi itu sebaiknya disalurkan.


2. Buatlah Jadwal Pelaksanaan Prioritas

Membuat rencana secara harian sangat penting bagi keberhasilan kita.  Dengan perencanaan semacam ini, pikiran kita bisa lebih terarah pada hal-hal yang harus dilakukan secara lebih terperinci. Disamping itu, penting juga bagi Anda untuk membuat perencanaan secara mingguan, bulanan, dan tahunan. Dengan perencanaan itu kita bisa mempunyai pedoman dan gambaran yang lebih luas mengenai tujuan dan target yang ingin kita capai.

Cobalah untuk mendekat pada kalender yang menempel pada dinding rumah Anda atau yang ada di atas meja kerja Anda. Lalu, sambil memeriksa kalender, buatlah daftar berisi tugas-tugas utama yang harus Anda selesaikan selama bulan itu. Kemudian tentukanlah tanggal-tanggal yang tepat bagi pelaksanaan tugas-tugas tersebut, lalu Anda masukan dalam jadwal pelaksanaan Anda.

Pengelolaan waktu harus dijadikan prioritas nomor satu bagi kita. Tanpa perencanaan harian, hari-hari kita akan menjadi sia-sia dan tak menghasilkan apa-apa. Sukses atau gagalnya seseorang sangat bergantung pada kepandaian orang itu mengatur waktunya. Milik Anda yang paling berharga adalah 24 jam yang ada di hadapan Anda. Sudahkan Anda mengembangkan sebuah strategi yang akan memungkinkan Anda untuk menggunakan waktu Anda itu sebaik-baiknya?

Baca juga : Cara Menyusun Target , Rencana dan Tujuan

The-BC
Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memulai Menyusun Target, Rencana dan Tujuan

Tips bagaimana penampilan sekretaris yang berkelas terlihat menarik, anggun, dan elegan

MOTIVASI DIRI SENDIRI - KATA KATA MOTIVASI DIRI SENDIRI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG

Motivasi Mengalahkan Diri Sendiri - Menang tanpa jadi pecundang

Ini Wanita Berkelas