Cara Belajar Disiplin Diri

Cara belajar disiplin diri harus di awali dengan niat bahwa disiplin itu suatu keharusan. Beberapa hal dalam kehidupan akan menyenangkan bila di miliki atau di dapatkan, misalnya kenaikan gaji, atasan yang lebih baik, atau gelar akademik Anda. Di samping itu, ada juga hal-hal yang harus Anda miliki, misalnya makanan, air, udara atau oksigen alam yang biasanya kita hirup. Itu semua suatu keharusan dan sadar atau tidak Anda dan Saya mendisiplinkan diri setiap hari untuk makan, minum dan bernafas. Jadi, disiplin termasuk kategori yang harus di miliki!.

Mengapa disiplin itu sangat penting? Bila Anda tidak memiliki disiplin, tidak ada rencana yang dapat terwujud. Dengan berdisiplin dalam menjalankannya, rencana yang besar dapat terwujud. Anda tentunya masih ingat Thomas Edison, penemu besar, menjelaskan bahwa sebagian besar penemuanya adalah hasil pemikiran orang lain. Ia hanya menyelesaikan apa yang telah di mulai oleh orang lain! Yang menarik, ketika masih bersekolah, Edison di beri tahu bahwa ia "terlalu bodoh untuk mempelajari apapun.!"

Disiplin adalah latihan yang menghasilkan pola perilaku yang di inginkan, kebiasaan yang diharapkan, dan sikap yang membawa kepada kesuksesan dalam kehidupan. Singkat kata, disiplin adalah sesuatu yang Anda butuhkan untuk membawa Anda sampai kepada tujuan.

Anda tidak akan menemukan disiplin, Anda harus menciptakanya. Berikut ini ada tips cara belajar menciptakan disiplin diri Anda dengan mengikuti lima unsur dalam disiplin  Anda akan menciptakan disiplin yang Anda inginkan dan Anda butuhkan.

5 Unsur penting untuk belajar menciptakan disiplin diri:


1. Nilai yang Tetap.


Percayalah pada apa yang sedang Anda kerjakan. Itu akan mempengaruhi pilihan, keputusan, dan tindakan Anda. Karena saya percaya pada apa yang sedang saya kerjakan, saya sama sekali tidak khawatir, ragu-ragu atau terancam. Anda harus mengalahkan kebiasaan Anda, lingkungan Anda, atau kepribadian Anda untuk mempercayai sesuatu sepenuhnya, tetapi langkah pertamanya adalah bertekad untuk melakukanya.

2. Menetapkan Sasaran Masa Depan.


Setiap orang mempunyai impian dan ambisi, dan juga kemampuan untuk mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi. Kita membutuhkan disiplin untuk menetapkan dan mencapai sasaran. Ada teman saya yang ingin menjadi dokter. Walaupun is berasal dari keluarga miskin dan tidak dapat membayar uang kuliah, ia tidak mau melepaska impiannya dan mengejarnya dengan segala daya dan upaya. Ia mengusahakan apa yang diperlukan untuk bisa bersekolah, untuk tetap bersekolah, dan untuk lulus dari sekolah. Kini, ia adalah dokter bedah ortopedi yang sukses.

Dengan memikul tanggung jawab pribadi, ia mengatakan "Saya punya satu impian yang akan menjadi kenyataan bila saya melakukan bagian saya untuk mencapainya."

3. Prioritas yang Jelas.


Anda harus melakukan tindakan yang benar untuk mencapai hasil yang benat. Tetapi sebelum dapat melakukan tindakan yang benar, Anda harus menetapkan prioritas dengan jelas. Menjelaskan sasaran Anda. Apa tepatnya yang ingin Anda capai? Bila Anda tahu persis tujuan Anda, Anda dapat melakukan tindakan yang benar, yang akan membawa Anda pada hasil yang benar.

Disamping itu, dengan melakukan tindakan yang benar dengan alasan yang benar, Anda lebih mungkin mempertahankan disiplin yang diperlukan untuk mencapai sasaran. Misalnya saja seekor semut, ia sangat kecil dan membawa adukan semen atau makanan denngan ukuran yang tampaknya kecil dan tidak berarti. Namun, saya telah melihat semut-semut membangun atau menghancurkan bangunan yang berukuran sangat besar. Semut-semut tetap terfokus untuk melakukan suatu tugas sampai tugas itu benar-benar diselesaikan.

4. Ketekunan.


Ketekunan memampukan orang untuk mencapai prestasi yang besar. Anda ingat dengan Michael Jordan? Ia diperhitungakan sebagai pemain basket terbaik sepanjang masa, padahal ia ditolak oleh pelatih basket di sekolah menengahnya. Jordan dengan bijak bertanya, "Apa yang harus saya lakukan supaya diterima dalam tim ini?" Pelatih itu menyuruhnya menguasai teknik dasar permainan itu. Jadi, jordan pulang dan berlatih melempar bola, mendrible, dan mengoper bola selama berjam-jam, dan selanjutnya adalah sejarah.

Anda dapat melakukan apa saja dan menjadi apa saja, bila Anda tekun melakukanya. 

5. Dorongan Hati.


Menciptakan dorongan hati Anda sendiri akan benar-benar memotivasi diri Anda. Semakin Anda berdisiplin, orang-orang akan mengatakan bahwa Anda semakin "beruntung". Semoga Anda mengerti maksud saya. Saya percaya Anda akan menuai apa yang Anda tabur. Hasil yang baik tidak datang begitu saja!.

Kebiasaan buruk tidak membutuhkan disiplin, tetapi kebiasaan baik yang Anda inginkan membutuhkan disiplin. Yang menyedihkan, kebanyakan orang berprestasi sesuai dengan harapan mereka sendiri yang rendah. Mereka sebenarnya dapat menjadi atau melakukan apa saja yang mereka impikan, namun mengapa mereka tidak berprestasi secara maksimal? Mungkin mereka tidak tahu misi dalam kehidupan mereka, mereka tidak memahami kekuatan yang tersembunyi dari disiplin.

Sesudah disiplin masuk kedalam sistem Anda, itu akan menjadi bagian yang alami dari semua yang Anda lakukan. Hal penting, karena bila Anda memiliki disiplin, Anda dapat memiliki apa saja!.


Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan

Comments

Popular posts from this blog

MOTIVASI DIRI SENDIRI - KATA KATA MOTIVASI DIRI SENDIRI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG

Model Rambut Wanita 2017 Cantik Trendy Cetar Membahana

Tips bagaimana penampilan sekretaris yang berkelas terlihat menarik, anggun, dan elegan

Trend Fashion Pria 2017 Terbaru Yang Menarik, Berkelas dan Elegan

PEMBUAL : Apa ciri-ciri seorang pembual ? # RAHASIA