Cara Membuat Perencanaan dan Strategi untuk Mencapai Keberhasilan

Bagaimana cara membuat perencanaan untuk kesuksesan dan bagaimana strategi untuk mencapai keberhasilan? Janganlah meremehkan pentingnya target. Kalau kita sudah terbiasa untuk menentukan target dan sekaligus memenuhinya, maka apa yang akan kita capai hasilnya tidaklah sekedar "biasa-biasa saja", melainkan sesuatu yang luar biasa yang jauh lebih besar dan berarti dari dugaan kita.

Memang bagi sebagian orang amatlah berat untuk membiasakan diri agar di pikiran itu selalu ada saja kegiatan merencanakan. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips untuk membuat perencanaan yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin menjadi seorang yang selalu memiliki fokus yang senantiasa punya perencanaan.

Berikut 5 Hal Penting Untuk Membuat Perencanaan:


1. Bulatkan Tekad Anda


Tentukan target khusus yang ingin Anda capai, lalu dengan tekad yang bulat dan penuh semangat berusahalah sekuat tenaga untuk mencapainya.

2. Buatlah Perencanaan Untuk Mencapai Target Dan Tentukan Batas Waktu Untuk Mencapainya


Rencanakanlah dengan rinci langkah-langkah yang akan Anda ambil, jam per jam, hari per hari, bulan per bulan. Kegiatan yang teratur ditambah semangat akan memberikan Anda kekuatan yang besar.

3. Jujurlah Pada Diri Anda Tentang Apa Yang Benar-Benar Anda Inginkan Dalam Kehidupan Anda


Semangat yang tinggi adalah pemacu utama dari setiap tindakan manusia. Semangat untuk berhasil menanamkan rasa "kesadaran untuk berhasil". Dan pada gilirannya, memperoleh keberhasilan itu seakan-akan sudah menjadi kebiasaan Anda.

4. Tingkatkan Keyakinan Dan Kemampuan Yang Ada Pada Diri Anda


Dalam memulai setiap kegiatan, jangan sekali-kali berfikir "wah saya pasti gagal". Berkonsentrasilah pada kekuatan Anda, bukannya pada kelemahan Anda. Pada kemampuan Anda bukannya pada masalah Anda.

5. Bertekad Untuk Bekerja Menurut Rencana


Kalau tidak ada tekad yang tegas dan jelas, apapun tak akan terlaksana. Tetapkanlah hati Anda untuk terus menjalankan rencana Anda tanpa memperdulikan rintangan, kritik, keadaan atau apapun yang dikatakan, dipikirkan, atau dikerjakan oleh orang lain. Bulatkan tekad Anda sambil melakukan kegiatan yang mendukung, perhatian yang terkontrol dan tenaga yang terkonsentrasi.

Ketahuilah, kesempatan tidak pernah datang pada orang-orang yang menunggu karena kesempatan itu hanya bisa datang pada orang-orang yang berani mencoba meraihnya. Kemampuan Anda untuk meraih kesempatan yang membawa sukses banyak tergantung pada kemampuan Anda untuk merencanakan, menyusun dan mencapai target. Target tidak saja amat penting untuk memotivasi kita, tetapi juga sangat berguna untuk kita bisa terus hidup.

Untuk itu, dari sekarang juga mulailah menyusun target. Buatlah rencana masa depan Anda.

Baca juga : Cara Menyusun Target, Rencana Dan Tujuan

Berikut ini Strategi-Strategi Untuk Mencapai Keberhasilan:


1. Baca keseluruhan informasi yang Anda tulis ketika menentukan visi hidup Anda. Berdasarkan visi tersebut, tulislah sebuah Pernyataan Tujuan Hidup Anda. Sebaiknya mencakup semua hal-hal umum yang ingin Anda lakukan, dan tulislah dengan ringkas, karena ini semua nantinya harus Anda hafal dan ingat. Sewaktu menulis jangan lupa untuk memasukan hal-hal berikut ini:

  • Apa yang Anda akan menjadi fokus dari kegiatan-kegiatan kehidupan Anda?
  • Mengapa Anda melakukan apa yang Anda ingin lakukan?
  • Bagaimana usaha Anda untuk memenuhinya?

Setelah Anda menuliskan pernyataan maksud Anda, periksa setiap hari selama beberapa minggu untuk diperiksa benar tidaknya hal-hal tersebut mewakili maksud dan tujuan hidup Anda.

2. Sisihkanlah waktu beberapa jam untuk mempelajari target-target Anda. Mulailah dengan menyusun target masa depan. Tentukan target yang utama yang harus Anda penuhi dalam rangka memenuhi tujuan akhir Anda. Dalam hal ini Anda mungkin akan menemukan 2 sampai 10 target utama. Sekali lagi, luangkan waktu untuk memastikan apakah benar-benar cocok dengan keinginan Anda.

3. Sisihkanlah waktu Anda sejam atau lebih untuk mengamati setiap target masa depan Anda. Target-target utama ini, kemudian Anda harus bagi-bagi menjadi beberapa target jangka panjang khusus yang akan Anda penuhi dalam rangka mencapai target tersebut. Kemudian bagilah target-target jangka panjang ini menjadi beberapa target jangka pendek. Akhirnya, target-target jangka pendek ini Anda bagi-bagi lagi sehingga menjadi langkah-langkah tindakan yang dapat dipenuhi secara harian, mingguan dan bulanan. Aktivitas ini akan menjadi modal dasar bagi kesuksesan Anda.

4. Setelah Anda mengerjakan target jangka panjang Anda, Anda akan dapat mengetahui apa yang harus Anda lakukan untuk keberhasilan Anda. Kelompokanlah kegiatan harian, mingguan, dan bulanan Anda.

5. Evaluasilah target Anda. Apakah target itu wajar? Tentukan target yang membutuhkan kerjasama orang lain untuk mencapainya. Tulislah target yang membutuhkan bantuan orang lain dan buatlah sebuah daftar dari orang-orang yang dapat membantu Anda. Penting untuk diingat bahwa sebaiknya dipilih orang yang mempunyai target dan cita-cita yang sama dengan Anda.

"Menurut pengamatan saya, kebanyakan orang maju kerena mereka menggunakan waktu yang justru disia-siakan oleh orang lain" - Henry Ford

Baca juga: Pentingnya Visi untuk Pekerjaan dan Masa Depan Anda

The-BC
Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan

Comments

Popular posts from this blog

Tips bagaimana penampilan sekretaris yang berkelas terlihat menarik, anggun, dan elegan

Model Rambut Pria Berkelas 2017 tampil menarik dan elegan

Menjadi Elegan di Sekolah

Cara Memulai Menyusun Target, Rencana dan Tujuan

Cara Memotivasi Diri Sendiri yang efektif berhasil