3 Hal Penting Tentang VISI untuk Pekerjaan dan Masa Depan

Apa hal penting tentang visi untuk pekerjaan dan masa depan - Bagi mereka yang merupakan panutan bagi generasi-generasi dibawah mereka adalah "para cenayang", yakni orang-orang yang mempunyai visi ke depan yang lebih baik dari kebanyakan orang. Dengan kata lain, orang yang akhirnya mampu mewujudkan keinginanya adalah orang yang memiliki visi.

Dalam Kamus Bahasa Inggris Kata Vision didefinisikan sebagai sesuatu yang tidak terlihat penglihatan biasa, yakni kemampuan untuk melihat sesuatu yang sebenarnya belum nampak nyata. Orang-orang tertentu dapat mengasah visi itu dengan menggunaan kepekaan mental, kemampuan antisipasi serta kekuatan atau daya imajinasi.

Arti kata visi itu sendiri secara harafiah adalah kemampuan untuk melihat benda-benda secara fisik. Bila kita mengatakan bahwa seseorang itu memiliki visi yang baik, artinya is bisa melihat benda-benda dihadapanya. Jika ia memiliki visi yang istimewa, ia bahkan dapat melihat benda-benda itu dari jarak jauh. Dalam hal ini "visi" bisa disamakan dengan "pandangan".

Sedangkan kata visi lainya memiliki arti yang amat berbeda, yakni kemampuan untuk melihat lebih jauh ke depan, jadi bukan sekedar yang terldapat di hadapan kita. Dalam hal ini kita juga bisa menyebutnya sebagai kemampuan "memahami apa yang bakal terjadi". Hal ini memiliki kaitan dengan kemampuan untuk melihat makna tersirat yang boleh jadi tak terlihat oleh orang lain. Inilah yang disebut kemampuan untuk melihat suatu peluang.

Visi juga bisa berarti kemampuan membayangkan masa yang akan datang. Bukan dalam artian secara gaib ataupun bersifat ramalan, namun yang bersifat imajinatif. Seorang penulis bernama George Barna mengatakan "visi adalah gambaran didalam mata bathin Anda mengenai bagaimana nantinya suatu hal akan atau bakal terjadi". Contohnya adalah Walt Disney. Ia memiliki visi yang luar biasa. Ia mampu mewujudkan suatu tempat dengan bantuan daya khayalanya. Ia mengkhayal tentang suatu tempat dimana anak-anak serta keluarganya bisa bergembira bersama memasuki dunia yang sama sekali baru bagi mereka. Didalam dunia baru ini, mereka akan bisa menyaksikan secara nyata tempat-tempat dan tokoh-tokoh yang sebelumnya hanya mereka kenal melalui dongeng saja. Visi yang luar biasa ini kini sudah menjadi kenyataan. Seperti kita tahu diawali dengan Disneyland di California, Amerika Serikat, Disneyland-disneyland baru bermunculan, seperti Disneyland di Orlando Amerika Serikat, Disneyland di Jepang dan satu lagi di Prancis.

Seseorang yang tidak memiliki visi hanya melihat apa-apa yang bisa dilihatnya dari dekat saja dan bisa diraihnya dengan mudah. Sdangkan orang yang memiliki visi akan merasa bahwa dunia ini seakan-akan terbuka lebar di hadapanya. Visi seseorang tidak ada hubungannya dengan jabatan atau pangkat yang dimiliki seseorang itu. Orang yang mempunyai visi yang baik bisa saja berasal dari kalangan supir truk, bankir, rektor, juru tulis bahkan petani. Orang yang paling patut dikasihani bukanlah orang yang tidak memiliki uang, seperti anggapan banyak orang, melainkan orang yang tidak memiliki visi.

Suatu visi bisa memberitahukan kepada kita tentang apa yang akan bisa menjadi milik kita. Dengan kata lain, visi ini juga merupakan semacam ajakan untuk melakukan sesuatu. Melalui sikap mental kita yang sehat, kita bisa meraih setiap keinginan yang kita ingin wujudkan, tentunya dengan mengerahkan segenap potensi yang kita miliki, sebagai penunjang ke arah hasil yang lebih besar, lebih baik dan lebih memuaskan. Dengan cara ini kita akan memiliki nilai-nilai tersembunyi yang akan selamanya melekat pada diri kita.

Visi memberi keuntungan besar dan membuka lebar pintu peluang. Visi juga meningkatkan kemampuan seseorang. Makin luas visi seseorang, makin besar pula potensi dalam dirinya.

Berikut ini 3 Hal Penting Tentang Visi untuk Pekerjaan dan Masa Depan:


1. Visi membuat semua pekerjaan jadi menyenangkan.


Keberhasilan membuat hidup semakin indah. Tak ada yang lebih menyenangkan selain perasaan ketika Anda berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan setelah bekerja keras. Ini akan menimbulkan perasaan puas serta lega dalam hati Anda. Menyenangkan sekali tentunya! Lebih-lebih lagi bila keberhasilan-keberhasilan kecil tadi merupakan jalan untuk meraih suatu tujuan yang lebih besar lagi, yang tentunya di topang dengan keinginanmewujudkan visi menjadi kenyataan, maka gairah kita untuk bekerja akan semakin meningkat. 

2. Visi memberikan nilai tambah bagi pekerjaan kita


Bila kita menganggap bahwa hasil pekerjaan kita adalah perolehan yang kita dapatkan melalui visi kita, setiap pekerjaan akan memiliki nilai bagi kita. Bahkan hasil pekerjaan yang paling sederhana sekalipun bisa memberikan kepuasan bagi Anda, sebab dari sana sudah terlihat pekerjaan besar yang akan dicapai.

Ini seperti cerita seseorang yang sedang berbincang-bincang dengan tiga orang tukang batu di sebuah pembangunan gedung. Orang ini bertanya pada tukang batu pertama, "Apa yang sedang Anda kerjakan?" tukang batu itu menjawab, "Saya sedang mencari nafkah". ketika ia menanyakan pertanyaan yang sama pada tukang batu kedua, jawabnya, "Saya sedang menyusun batu bata untuk membuat tembok". Namun saat ia bertanya pada tukang batu ketiga, si tukang batu menjawab dengan semangat, "Saya sedang membangun sebuah katedral!". Ketika tukang batu tadi sama-sama sedang melakukan pekerjaan yang sama. Namun dalam hal ini hanya tukang batu ketigalah yang didorong oleh suatu visi. Ia melihat suatu gambaran besar, yang pasti akan menambah nilai pekerjaannya.

3. Visi dapat meramalkan masa depan Anda


Orang-orang yang visinya sempit akan membayangkan hal-hal yang negatif tentang masa depan mereka. Mereka bagai terombang ambing tak menentu di tengah lautan. Mereka tidak yakin kemampuan mereka akan berlabuh, juga tidak yakin apa yang akan mereka temukan setelah berlabuh. Bagi mereka hidup ini sebagai sebuah kesempatan. Yang mereka lakukan cuma menunggu dan pasrah saja sambil berharap-harap bahwa kesempatan baik akan datang sendiri.

Bila Anda bervisi luas, dan Anda giat bekerja untuk mencapainya, maka masa depan Anda akan lebih memungkinkan untuk menjadi perwujudan dari visi Anda itu, Memang benar bahwa masa depan Anda belum tentu terjamin secara pasti. Tak ada seorang pun yang masa depannya terjamin. Namun visi Anda akan sangat berarti dalam meningkatkan peluang menuju sukses.

Pentingnya visi bagi suatu keberhasilan sesungguhnya telah lama diketahui orang. Pernyataan yang mengatakan; "Bila tidak punya visi, orang akan celaka". Sayangnya, walaupun visi ini amat penting, tetapi nampaknya pada jaman sekarang ini banyak orang yang sudah melupakanya.


Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan

Comments

Popular posts from this blog

Tips bagaimana penampilan sekretaris yang berkelas terlihat menarik, anggun, dan elegan

Cara Memulai Menyusun Target, Rencana dan Tujuan

MOTIVASI DIRI SENDIRI - KATA KATA MOTIVASI DIRI SENDIRI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG

Motivasi Mengalahkan Diri Sendiri - Menang tanpa jadi pecundang

Cara Menciptakan Disiplin Dalam Hidup