Cara Menciptakan Disiplin Dalam Hidup

Bagaimana cara menciptakan disiplin dalam kehidupan kita. Dulu kita menginginkan setiap harta benda yang dapat kita pegang, dan kita menginginkan yang lebih besar, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian kita menyadari bahwa harta benda eksternal (outward) tidak dapat membuat kita bahagia. Sehingga selama beberapa tahun terakhir ini kita beralih pada yang internal (inward). Kita telah memutuskan bahwa yang di dalam dirilah yang menentukan. Akibatnya, banyak di antara kita memulai suatu perjalanan "inward", dengan berusaha untuk menyederhanakan gaya hidup kita sambil meningkatkan sukacita kita. Paling tidak itulah sasarannya, karena itulah yang dikatakan oleh guru-guru untuk hidup sederhana.

Gagasan untuk hidup sederhana memang baik, masalahnya adalah bahwa kita mengejar sasaran yang sama dengan nafsu tidak terkendali yang pada mulanya kita gunakan untuk mengumpulkan harta benda itu. Seperti sebuah pendulum yang kacau, kita mengayun dari satu ekstrem ke ekstrem lain dengan nafsu, entah bagaimana sambil merasakan kekosongan di kedua tempat. Jadi bagaimanakah Anda menemukan kepuasan yang sedang Anda cari? Kuncinya adalah keseimbangan, konsistensi, dan ketekunan, yang semuanya datang melalui satu hal, disiplin. Inilah dilema kita. Kita menginginkan semua itu, dan kita menginginkannya sekarang juga, entah itu kelimpahan harta ataukah kelimpahan dalam kesederhanaan hidup. Tetapi tidak ada sesuatu yang berharga yang datang dengan cepat, dan tidak ada sesuatu yang berharga yang datang tanpa disiplin. Melalui perjalanan hidup yang panjang, disiplin bekerja dalam setiap dimensi kehidupan Anda: keuangan, jasmani, mental, dan rohani. Jika Anda pernah berusaha menjadi orang kaya secara cepat, mengurangi berat badan Anda dengan memakan atau mengkonsumsi pil menurunkan berat badan, mendapatkan pengetahuan dengan menjejalkan semua informasi pada menit terakhir, atau berusaha dekat dengan Tuhan dengan memohon suatu mukjizat. Memang mudah untuk terjebak dalam hasil-hasil cepat saat Anda memusatkan perhatian pada hasil daripada perjalanan itu sendiri. Sebenarnya, sukacita itu ada dalam perjalanan, disiplin bertumbuh setiap hari dalam rincian pikiran, tubuh, dan roh Anda. Satu-satunya cara untuk mendatangkan kelimpahan ke dalam kehidupan Anda, jenis kelimpahan yang memberikan sukacita kepada Anda, adalah menghadirkan disiplin ke dalam kehidupan Anda.

Disiplin mempunyai tujuan untuk melatih ketaatan dan kepatuhan dengan jalan melatih cara-cara perilaku yang legal dan beraturan, akan tetapi tujuan kedisiplinan yang hakiki adalah untuk ketetapannya kemauan dan kegiatan yang berorientasi pada masyarakat, yang menjamin keterpakaiannya serta dapat dipercayai dalam lingkungan hidup. Sikap disiplin yang telah tertanam dengan baik pada diri seseorang dapat menimbulkan kepercayaan orang lain terhadap dirinya dalam segala hal. Disiplin sendiri bukanlah hal yang dibawa sejak awal, tetapi disiplin adalah hal yang dipengaruhi oleh waktu, keinginan pribadi, ataupun pendidikan.

Tips Menciptakan Disiplin - Ingatlah pada hal-hal kecil berikut:


• Disiplin dimulai dengan hal-hal kecil yang dilakukan setiap hari.
• Rahasia di balik sebagian besar kisah keberhasilan? Disiplin.
• Setiap pagi Anda memilih sikap Anda untuk hari itu.
• Langkah pertama untuk suatu komitmen adalah menetapkan pikiran Anda.
• Anda dapat merencanakan untuk berhasil atau gagal. Pilihan ada di tangan Anda.
• Motivasi meningkat saat kita mengemban sebuah tanggung jawab yang besar dengan batas waktu yang singkat.
• Kembangkanlah suatu tujuan bagi kehidupan Anda, dan baktikanlah hidup Anda menuju tujuan itu setiap hari.
• Jangan suka mencari-cari alasan.
• Sebelum masuk ke dalam bidang apapun, mundurlah selangkah dan perhatikanlah garis besarnya terlebih dahulu.
• Kembangkanlah kebiasaan-kebiasaan baik, singkirkan kebiasaan-kebiasaan buruk.
• Gunakan waktu luang Anda secara produktif.
• Impian-impian Anda tidak akan menjadi kenyataan jika Anda mengijinkannya layu.
• Kegiatan-kegiatan berharga bisa jadi sulit dalam jangka waktu pendek, tapi bermanfaat dalam jangka panjang.
• Orang akan lebih terkesan pada bagaimana Anda menyelesaikan daripada bagaimana Anda memulai.
• Motivasi bisa lenyap, tapi kebiasaan tetap bertahan.

Salah satu cara untuk menjadikan diri anda sukses antara lain adalah menjadi seseorang yang disiplin. Menjadi disiplin bukan berarti menjalani kehidupan dengan membatasi kegiatan sehari – hari. Atau juga bukan menyerah dengan apa yang kamu nikmati, atau meniadakan kesenangan ataupun kehidupan yang santai. Disiplin berarti belajar agar anda bisa memfokuskan pikiran dan energi untuk mencapai suatu tujuan. Disiplin akan membuat tujuan atau goal anda menjadi semakin memungkinkan dan akan membuat hidup anda terstruktur dan menjadi lebih bahagia.

Cara Menciptakan Disiplin Dalam Hidup:

 

1. Memulainya dengan langkah kecil. 

Tidak ada proses yang berhasil dalam satu malam, jadi Anda harus memulai nya dengan hal kecil terlebih dahulu.

2. Pelajari apa yang memotivasi diri Anda dan apa yang membuat anda susah untuk disiplin. 

Anda dapat memulainya dengan mempelajari diri Anda sendiri lebih lanjut. Pelan-pelan cobalah untuk mencari tahu dan memahami diri sendiri.

3. Membuat beberapa kelakuan atau tingkah laku Anda menjadi rutin. 

Setelah Anda menemukan apa yang penting bagi Anda dan apa tujuan yang ingin Anda capai, maka laksanakanlah beberapa tingkah laku yang mendukung hal tersebut menjadi rutin dan lama kelamaan menjadi kebiasaan.

4. Belajar untuk menolak kebiasaan buruk. 

Latih diri Anda agar Anda melakukan sesuatu yang benar, walaupun hal tersebut membuat Anda tidak nyaman. Namun Anda perlu tekun melakukanya untuk mendapatkan kebiasaan baru yang positif.

5. Dapatkan inspirasi dari orang yang ada kagumi.

Cobalah cara yang menyenangkan ini, Anda biasanya akan secara tidak sadar mendapatkan dengan mudah dan mengikuti inspirasi dari orang-orang yang Anda kagumi atau Anda cintai. 

Bayangkan apa yang akan Anda capai jika melakukan hal tersebut. Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan selain memperoleh tujuan yang sudah Anda targetkan. Jika Anda ingin membuat hidup Anda menjadi lebih baik dan bahagia dan berkelimpaan maka Anda harus mengembangkan sikap disiplin dan pengendalian diri. Dengan memikirkan kebahagiaan jangka panjang daripada kesusahan jangka pendek, Anda dapat lebih memotivasi diri Anda untuk mengembangkan sikap disiplin. Ingat! Kesehatan dan kebahagiaan Anda bergantung pada hal ini.

Mengapa Menciptakan Disiplin Dalam Hidup:


1. Disiplin Bersifat Konsisten.

Hal ini akan menjadi mutlak akan di kenal menjadi seperti pribadi macam apakah Anda. Konsistensi dalam disiplin adalah yang membuatnya disebut disiplin. Anda keluar dari rumah dan melakukannya, hari demi hari. Hal tersebut juga akan membentuk sebuah karakter diri Anda yang sesungguhnya.

2. Disiplin Membentuk Kebiasaan.

Disiplin tidak terjadi begitu saja. Tetapi dilakukan dengan tekun yang disengaja dan diulan-ulang. Setiap hari. Dengan demikian Anda akan mendapatkan kebiasasn positif yang baru yang Anda inginkan untuk mmbantu mencapai goal Anda.

3. Disiplin Jarang Ditemukan

Disiplin merupakan sikap hati, kesadaran dalam diri untuk mau berubah pada sikap positif. Disiplin memang tidak terdengar menyenangkan, tapi inilah cara Anda mendapatkan hasil.

Motivasi adalah awalnya, tapi jika tidak dipadukan dengan disiplin, biasanya akan hilang dan berubah menjadi penyesalan ketika Anda menyadari ternyata Anda belum melakukan apapun.
Bagaimana cara agar bisa lebih disiplin?

Tips Bagaimana Menciptakan Disiplin Agar Lebih Disiplin:


1. Buanglah Alasan-Alasan Anda.

Alasan adalah sebuah keyakinan dan semua alasan yang muncul dalam diri Anda itu sangat menggangu. Setiap alasan yang Anda miliki, buanglah sejauh-jauhnya.

2. Membuat Kebiasaan Baru / Ciptakan Rutinitas.

Mulailah dengan segera membuat atau menciptakan kebiasaan baru. Jangan menunggu rutinitas ini kebetulan terjadi. Saat Anda sedang mendisiplinkan diri, sama halnya saat memprogram sebuah robot. Ya! Anda sedang dalam proses memprogram ulang diri Anda dan ini sangat penting.

3. Tegaskan Bahwa Hal Ini Penting.

Terkadang sesuatu pada awalnya terkesan harus dimulai dengan paksaan. Cobalah untuk berusaha dorong diri Anda untuk mau melakukanya. Tanyakan pada diri sendiri, seberapa penting hal ini sehingga Anda menginginkannya? Anda tentu harus mengorbankan sesuatu. Selalu ada harga yang harus Anda berani bayar untuk sebuah kata sukses. Jika Anda benar-benar menginginkannya, maka pastinya hal tersebut sangat bernilai dan penting bagi Anda. Lakukan!

4. Berinvestasilah dan Percaya

Uang memang memiliki cara untuk mengatur prioritas Anda. Di manakah Anda menghabiskan kebanyakan waktu Anda? Lihatlah ke mana Anda paling banyak menghabiskan uang. Mungkin ada korelasi pada keduanya. Berinvestasilah dalam apapun dan percayalah pada yang ingin Anda lakukan. Buatlah keadaan apabila Anda tidak mencapainya menjadi sesuatu yang menyakitkan. Berinvestasilah pada tujuan Anda. Bertaruh atau sewalah seorang pelatih atau pengajar, tapi berinvestasilah pada sesuatu yang benar-benar berarti bagi Anda, dan akan membantu untuk mengubah prioritas sesuai yang Anda mau.

5. Teruslah Melakukannya - Go for it!

Saat Anda benar-benar ingin menyerah, jangan berhenti. Teruskan!. Disiplin tidak bergantung pada perasaan Anda. Hal ini akan tetap berjalan walaupun seberapa jeleknya mood Anda.

Baca juga:  Faktor Kesuksesan

Comments

Popular posts from this blog

Kata Bijak Kehidupan yang Berkelas dan Elegan

MOTIVASI DIRI SENDIRI - KATA KATA MOTIVASI DIRI SENDIRI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG

Model Rambut Pria Berkelas 2017 tampil menarik dan elegan

Model Rambut Wanita 2017 Cantik Trendy Cetar Membahana

Ini Wanita Berkelas