7 CARA SIKAP POSITIF

Cara Sikap Postif - Kalau dalam hidup ini kita ingin meraih yang terbaik, memanfaatkan sebaik-baiknya potensi kita, serta menikmati perjalanan hidup ini, kita harus senantiasa berpikiran positif walaupun misalnya berbagai kesulitan menghadang kita. Jika pikiran kita positif, maka lingkungan kita juga akan menjadi baik. Tempat dan keadaan tidak menjamin kebahagian. Kita sendirilah yang harus memutuskan apakah kita ingin bahagia atau tidak. Dan begitu kita mengambil keputusan, maka kebahagiaan akan itu mudah datang.

Banyak orang yang menganggap bahwa sebagian orang ditakdirkan terlahir sudah dengan kemampuan berpikir secara positif, dan sebagian lagi dengan cara berpikir yang negatif. Mereka beranggapan bahwa hal ini sudah suratan nasib yang tak mungkin bisa dirubah-rubah lagi. Yang benar adalah memang kita masing-masing terlahir dengan memiliki suatu kecenderungan, tetapi, kita sebenarnya mampu membelokan kecenderungan tersebut kearah yang kita inginkan. Perlu diingat bahwa berpikir positif dapat dipelajari oleh siapapun, bagaimanapun keadaan, tabiat, maupun kecerdasannya.

Berikut ini beberapa pedoman sikap positif yang dapat Anda pergunakan untuk memperbaiki ataupun meningkatkan kemampuan Anda agar dapat berpikir dan bersikap secara positif.

Tips 7 Cara Sikap Positif:


1. Bertindak, Berjalan, Berbicara, dan Berpikirlah Seperti Orang Yang Sangat Anda Kagumi


Kebanyakan orang yang menunggu dulu hingga mereka merasa yakin, sebelum mereka melakukan sesuatu yang positif. Orang-orang seperti ini akan selalu tertinggal. Sikap akan mengiringi tindakan. Tindakan yang positif akan membentuk pemikiran yang positif, dan pemikiran yang positif akan membentuk sikap yang positif.

Orang-orang yang belum apa-apa sudah berpikiran negatif tidak akan pernah menjadi orang-orang yang positif seperti yang mereka inginkan, jika mereka harus menunggu perasaan mereka terlebih dahulu sebelum melakukan suatu tindakan.

2. Tanamkan Dalam-Dalam Pikiran-Pikiran Positif  Dan Sukses Dalam Benak Anda


Seorang yang mempunyai kemampuan untuk mengusai benaknya sendiri, dapat memperoleh sesuatu yang lain yang memang pantas ia terima. Ketika kita mulai berfikir dengan pola yang positif, dan benar-benar yakin akan sukses, berarti kita sedang mulai persiapan untuk menjadi orang yang sukses.

Jika kita berharap dapat memetik buah kesuksesan hidup, kita harus mengerjakan pekerjaan petani dulu. Kita jangan hanya menanam beberapa bibit unggul, lalu berharap agar tanaman kita tumbuh dengan sendirinya. Kita harus sering menyiram bibit tersebut, merawatnya ketika mulai tumbuh, serta memberi pupuk. Jika kita lalai merawatnya, semak belukar pikiran negatif akan muncul, merampas bahan makanan yang ada didalam tanah, dan merusak tumbuhan hingga mati.

Pusatkan pikiran Anda pada hal-hal yang positif dan kesuksesan jangan biarkan pikiran negatif mencemarinya.

3. Pancarkanlah Sikap Yang Baik, Perasaan Yakin Diri, Dan Tujuan Kita


Saat tindakan dan pikiran kita mekin menjadi positif, maka dalam diri kita akan terbina suatu perasaan nyaman. Keyakinan kita akan bertambah, dan dalam diri kita akan mulai timbul perasaan yang lebih mantab terhadap tujuan-tujuan baik dalam hidup kita. Bilamana hal-hal tersebut terjadi, orang lain akan mulai lebih tertarik pada kita, sebab setiap orang senang pada orang-orang yang positif. Kalau sudah demikian, maka kita tinggal menggunakan respon positif orang-orang tersebut untuk meningkatkan hubungan yang positif dan membantu mereka agar semakin menjadi positif lagi.

4. Perlakukan Setiap Orang Yang Anda Jumpai Sebagai Orang Yang Paling Penting Di Dunia


Kita hidup di dunia yang serba cepat. Banyak orang yang bagaikan berpacu dengan waktu, sibuk memusatkan diri pada tugas-tugas yang harus mereka selesaikan. Oleh sebab itu mereka sering lalai meluangkan waktu untuk orang ain yang mereka jumpai.

Jika kita meluangkan sedikit saja waktu kita untuk orang lain yang kita jumpai, serta memberi mereka perhatian penuh dengan cara yang positif, niscaya mereka akan merasa sangat senang. Dengan sikap kita itu berarti kita telah memberi nilai tambah kepada mereka. Dan sebaliknya, mereka juga pasti memberi nilai tambah kepada kita.

5. Usahakan Agar Semua Orang Yang Anda Temui Merasa Dibutuhkan, Diperlukan, Dan Dihargai


Semua orang ingin merasa dirinya dibutuhkan, penting, dan dihargai. Ini tentunya merupakan hal yang sangat manusiawi. Jika kita bisa memenuhi kebutuhan orang lain akan hal ini, pasti mereka akan memiliki perasaan positif terhadap diri mereka sendiri serta diri Anda juga. Singkatnya, akan terjadilah keadaan dimana kedua belah pihak masing-masing merasa senang.

Keuntungan lain jika kita membuat orang lain merasa penting ialah mereka juga akan membalasnya dengan membuat kita merasa penting pula. Perlakuan yang diterima seseorang merupakan cermin perlakuannya terhadap orang lain. Perlu di ingat bahwa sikap yang kita berikan adalah sikap yang kita peroleh dari orang lain.

6. Lihatlah Hal-Hal Yang Terbaik Dalam Diri Setiap Orang


Sama halnya dengan membuat orang lain merasa dihargai, kita harus selalu berusaha melihat hal-hal terbaik yang terdapat dalam diri setiap orang. Seburuk-buruknya kita pasti ada kebaikannya, dan sebaliknya sebaik-baiknya kita, tentu ada keburukannya. Apa yang Anda cari adalah apa yang Anda lihat.

Dengan selalu melihat hal-hal yang terbaik dalam diri orang lain, maka mereka akan merasa dirinya memang baik. Selanjtnya, pasti mereka akan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Dari sini, sudah tentu akan tercipta suasana yang positif dan produktif.

7. Kembangkanlah Dalam Diri Kita Mental Untuk Memberi


Ingat, tujuan hidup manusia ialah untuk melayani dan menyayangi serta menolong orang lain. Sumbangan terbaik yang dapat diberikan seseorang yang berpikiran positif adalah dalam hal memberi kepada orang lain.

Bila keinginan memberi kepada orang lain menjadi pandangan hidup kita, kita pasti akan mendapat ganjaran yang positif.

Baca juga : Cara Memahami Integritas Diri

The-BC
Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memulai Menyusun Target, Rencana dan Tujuan

Tips bagaimana penampilan sekretaris yang berkelas terlihat menarik, anggun, dan elegan

MOTIVASI DIRI SENDIRI - KATA KATA MOTIVASI DIRI SENDIRI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG

Motivasi Mengalahkan Diri Sendiri - Menang tanpa jadi pecundang

Ini Wanita Berkelas