MEMAHAMI INTEGRITAS DIRI dan MANFAATNYA

Bagimana memahami integritas diri - Setiap bangunan mempunyai dasar yang disebut fondasi. Tanpa fondasi, hujan, angin, dan cuaca akan membuat bangunan itu roboh. Begitu juga manusia, tidak sulit membedakan siapa yang telah membangun kehidupannya diatas fondasi integritas dan siapa yang tidak.

Semuanya dimulai dari itegritas, integritas bukanlah apa yang Anda bayangkan. Integritas itu nyata dan terjangkau dan mencakup sifat-sifat seperti: Bertanggung jawab, Jujur, Menepati kata-kata, Setia pada perkara yang kecil. Anda tidak dapat berpura-pura mempunyai integritas. Rintangan dan kesempatan baru yang Anda temui setiap hari akan mengungkapkan apa yang ada dalam diri Anda. 

Bila fondasi Anda adalah integritas, keputusan yang Anda ambil akan membuktikannya. Bila tidak itu juga akan terbukti. Ada harga yang harus dibayar untuk mempertahankan integritas, uang bukanlah faktor yang menentukan dalam integritas. Bahkan bila Anda kehilangan uang, ketenaran, dan persahabatan, Anda tidak boleh menjual integritas. Apapun harganya, integritas mempunyai nilai yang lebih besar. Segala bentuk yang tampaknya merugikan karena menjunjung integritas sebenarnya sama sekali bukan kerugian. Ingatlah segala sesuatu yang Anda miliki hanya bersifat sementara, akhirnya akan membawa luka yang sulit dilupakan jika Anda tidak memiliki integritas dalam diri Anda. 

Integritas diri merupakan cermin diri, pribadi yang integritasnya tinggi tidak peduli hambatan yang terjadi, ia tidak akan mudah tergoda oleh tawaran-tawaran atau bujukan yang akan berdampak menghancurkan reputasinya di kemudian hari. Baginya ini adalah soal moral dan tanggung jawab pribadi, tentang sebuah janji dalam diri untuk memegang teguh prinsip kejujuran, tanggung jawab dan kesetiaan. Orang yang memiliki integritas dalam dirinya adalah pribadi yang memiliki prinsip diri yang tegas dalam bersikap dan dalam berperilaku.

Ingin  menjadi orang yang berintegritas tidak membuat Anda menjadi sempurna. Dan tidak semua orang selalu mengambil langkah yang benar, tetapi percayalah dengan ketekunan dan percaya pada kekuatan doa, Anda akan mampu menjalani kehidupan yang berintegritas. Kadang-kadang memulai lagi berarti Anda harus memulai kembali dari nol, dari dasarnya lagi, tetapi setidaknya dasarnya memang sudah ada disana. Ada masa ketika secara harfiah kita tidak memiliki apa-apa lagi kecuali integritas. Saat seperti itu tidak mudah untuk dijalani, itu adalah ujian terbesar jika Anda terpaksa mengalaminya. Tetapi bagi karakter dan masa depan, itu menghasilkan hal-hal yang mengagumkan. Percayalah berinvestasi pada integritas diri akan memberikan kemajuan dan keberhasilan untuk kesuksesan masa depan Anda kedepan.

Apakah integritas mengikat dan membatasi atau apakah justru membawa kebebasan dan kedamaian? Integritas terasa mengekang bagi orang-orang yang tidak ingin melaksanakan apa yang benar, tetapi membawa kebebasan bagi orang-orang yang menyadari manfaat integritas. Integritas, pada dasarnya adalah soal hati.

Pemahaman dasar tentang Integritas adalah tentang konsistensi sikap diri pada kesamaan antara kata dan perbuatan. Sikap diri yang jujur dan bertanggung jawab merupakan salah satu ciri ciri pribadi yang memiliki integritas diri yaitu pribadi yang jujur dan bertanggung jawab dimana setiap perkataannya bisa dipegang dan di buktikan. Integritas diri adalah suatu pemahaman yang dapat diumpamakan sebagai lambang diri atau identitas karakter pribadi yang dapat dipertanggung jawabkan. Misalnya, tanggung jawab pekerjaan di kantor dapat di selesaikan hingga tuntas, prestasi di sekolah sebagai bentuk tanggung seorang siswa di sekolah untuk terus belajar dan berprestasi, pergaulan dalam lingkungan untuk selalu mejaga kerukunan dan hubungan baik antar sesama, ibadah kerohanian sebagai bentuk tanggung jawab moral kepada Tuhan,  dll.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita perlu mengupayakan agar kebutuhan jasmani, intelektual, emosional, sosial, dan rohani terpenuhi secara seimbang. Apabila kita mampu mewujudkan integritas diri sendiri, kita akan memperoleh manfaat yang besar secara menyeluruh dalam kehidupan ini. Apa saja manfaat integritas diri, berikut ini beberapa manfaat dari integritas diri.

Beberapa Manfaat Integritas Diri:


1. Manfaat Secara Fisik: Diri kita akan merasa fit, sehat dan bugar. Kita selalu siap melakukan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari. 

2. Manfaat Secara Intelektual: Dengan mental dan pengetahuan kita dapat mengoptimalkan kemampuan otak kita. Otak kita terlatih berpikir secara ilmiah, terlatih menganalisis, dan terlatih membuat kesimpulan yang logis dan rasioanal. Kita semakin mampu mengembangkan sifat kritis dan rasional. Selain itu, kita juga mampu mengolah berbagai data dan informasi yang sampai kepada kita. Kemampuan intelektual yang baik memungkinkan kita untuk mengikuti program studi yang kita inginkan. 

3. Manfaat Secara Emosional: Diri menjadi penuh motivasi, sadar diri, empati, simpati, solidaritas tinggi, dan sarat kehangatan emosional dalam interaksi kerja. Kematangan emosional yang dimiliki seseorang akan membuatnya dapat bekerja di bawah tekanan. Kecerdasan emosional berada di wilayah emosi dan bersifat asosiatif. Kecerdasan itu akan membuat seseorang mampu menyesuaikan diri terhadap apapun yang sedang dihadapinya.

4. Manfaat Secara spiritual: Menjadikan diri jadi lebih bijaksana dalam memaknai segala sesuatu, termasuk pengalaman-pengalaman hidup, baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan, contohnya  keberhasilan, kegagalan, dan penderitaan. Kecerdasan spiritual membuat kita dapat melihat berbagai kenyataan atau fenomena kehidupan dalam perspektif yang lebih luas, utuh, dan menyeluruh dalam mengatasi keragaman dan perbedaan yang dihadapi. Dengan kemampuan kecerdasan spiritual juga membuat seseorang tidak mudah terombang-ambing oleh kekacauan yang terjadi dalam pergumulan hidup yang mungkin datang silih berganti.

5. Manfaat Secara Sosial: kita semakin mampu mengembangkan hubungan baik satu sama lain dalam lingkungan masyarakat, mau bekerja sama untuk menyelesaikan tugas atau kegiatan yang menuntut kekompakan dan kerja sama yang baik, memiliki kepekaan hati dan perasaan untuk selalu memberi tempat bagi orang lain di dalam hati kita. Sebagai contohnya, interaksi dengan lingkungan sekitar membuat kita tahu kesulitan orang lain. Hal itu akan membuat kita ikut turut serta untuk membantu sehingga kita merasa berharga dan bermanfaat bagi orang lain. Kepekaan seperti ini akan membuat kita lebih tanggap terhadap kebutuhan dan harapan orang lain, sehingga turut membuat suasana hidup bersama menjadi nyaman, damai dan menyenangkan. Situasi seperti ini tentunya yang diharapkan semua orang dan harus di wujudkan dalam lingkungan Anda.

Dalam perjalanan hidup Anda, bila Anda pernah mendapati diri Anda tidak mempunyai apa-apa kecuali integritas, sebenarnya Anda mempunyai lebih dari cukup untuk memulai lagi. Mulailah hidup dengan memiliki integritas diri yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan kebenaran maka suatu saat Anda pun akan di benarkan dan di bela Tuhan. Pegang teguh selalu integritas diri Anda dan jangan biarkan seorang pun untuk mengacaukan integritas diri Anda karena itu adalah tanggung jawab Anda sebagai orang yang memiliki integritas.


Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan

Comments

Popular posts from this blog

Model Rambut Wanita 2017 Cantik Trendy Cetar Membahana

Kata Bijak Kehidupan yang Berkelas dan Elegan

Model Rambut Pria Berkelas 2017 tampil menarik dan elegan

MOTIVASI DIRI SENDIRI - KATA KATA MOTIVASI DIRI SENDIRI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG