Cara Mengatasi Rasa Putus Asa untuk Segera Bangkit

Mungkin Anda atau orang lain yang Anda kenal pernah merasa putus asa dan Anda mungkin tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Jangan berkecil hati dulu. Anda dapat mengubah rasa putus asa menjadi rasa optimis dengan 4 tips kiat cara mengatasi rasa putus asa berikut ini:

1. Mengambil Langah Positif.


Jika untuk mengatasi suatu tindakan, Anda menunggu dulu sampai  datangnya rasa ingin bertindak pada diri Anda, tentunya tindakan itu tidak akan pernah Anda laksanakan. Yang harus Anda lakukan lebih dulu adalah pelaksanaan, perasaan akan menyusul kemudian.

Seperti yang pernah dikisahkan dalam cerita, seorang penyair suatu hari pergi berjalan-jalan disebuah taman dan melihat serpihan sarang burung terhempas diatas rumput. Badai dan angin kencang telah menghempaskan sarang burung itu dari pohon dan sekaligus menghancurkanya. Selagi memikirkan nasib sarang burung yang telah hancur, ia mendongakan kepala ke atas pohon, ia sangat terpana karena diatas sana tampak sarang burung baru sudah bertengger diatas ranting pohon. Burung-burung itu tidak sempat terlarut oleh kekecewaan, malahan mereka terpacu mengatasi masalah yang dihadapi.

2. Mulailah Berfikir Positif.


Hanya mereka yang berfikir positiflah yang akan berhasil. Saya berikan contoh lainya tentang mereka yang selalu berfikir posotif dan gigih. Kisahnya adalah mengenai seekor kuda balap bernama Man O' War. Di usianya yang baru 2 tahun, kuda itu telah berhasil memenangkan 6 kali perlombaan. Tetapi akhirnya untuk pertama kalinya dalam perlombaan kuda, ia dikalahkan oleh kuda lain bernama upset. mengapa? Simak kisah si kuda balap berikut ini:

Hari itu, diluar kebiasaan, kuda dibiarkan menunggu diluar palang sampai 5 menit sebelum perlombaan. Man O' War yang selalu diserang gugup pada saat sebelum pertandingan dimulai, melakukan start yang buruk. Ketika kuda-kuda lainnya sudah menghambur keluar palang, ia baru berada di urutan ke-5 dari 7 kuda lainya.

Kuda-kuda yang sudah biasa memenangkan perlombaan sering merasa gugup dan bahkan langsung menyerah kalau startnya sudah salah. Tetapi tidak demikian halnya dengan Man O'War. Dengan tenangnya ia mencoba nyusul lawan-lawanya. Ketika sampai dipertengahan garis finish, ia telah berada ke posisi ke-4. Dan ketika tinggal sepertiga dari garis finish ia telah berpindah ke posisi ke-3. Saat kuda-kuda lainya yang di depan hampir mencapai garis finish, ia telah berhasil menempati posisi kedua. Hanya tinggal 10 langkah dari garis finish, kepalanya telah sejajar dengan pelana kuda upset. Seandainya saja garis finishnya masih agak jauh, mungkin ia dapat menyusulnya dan memenangkan perlombaan.

Tapi ceritanya belum habis sampai disitu, Setahun kemudian, dengan telak Man O'War dapat mengalahkan UpSet. 

Jika Anda ingin mengatasi rasa putus asa, cobalah berfikir positif. Jika Anda yakin Anda bisa berhasil, pasti berhasil, tetapi jika Anda tidak yakin berhasil, Artinya Anda sudah gagal duluan.

3. Mengambil Pelajaran Dari Contoh-contoh  Positif.


Salah satu cara atau kiat untuk mengatasi kegagalan adalah dengan mengambil pelajaran atau contoh-contoh positif dari mereka yang gigih. Cobalah untuk meniru mereka!. Orang-orang yang kita tiru bisa saja orang-orang sukses yang kita kenal langsung. Bisa pula misalnya dengan membaca buku-buku biografi dan mempelajari kelebihan-kelebihan mereka yang Anda kagumi serta mencari tahu bagaimana mereka mengembangkan kelebihan-kelebihan tersebut. Singkatnya mungkin contoh-contoh itu bisa Anda dapatkan dimana saja.

Ada sebuah kisah lagi buat Anda, cerita motivasi yang mengisahkan tentang seorang kaisar mongolia pada abad 14 bernama Tamerlane. Ia melihat sendiri sebuah contoh peristiwa alami tentang sikap positif. Dikisahkan bala tentaranya berhasil dilumpuhkan musuhnya, akibatnya mereka pun bercerai-berai. Kaisar Tamerlane bersembunyi disebuah gudang makanan ternak sementara pasukanya melarikan diri ke luar negeri.

Saat ia tengah terkulai diliputi rasa sedih dan putus asa, Tamerlane mengamati seekor semut yang tengah berusaha mendorong serpihan jagung naik ke atas tembok. Ukuran butiran jagung itu sendiri lebih besar dari tubuhnya. Ia menghitung telah 69 kali si semut berusaha membawa jagung tersebut naik ke tembok, dan setiap kali itu pula ia terjatuh. Baru pada hitungan ke-70 kalinya ia berhasil mendorong serpihan jagung tersebut naik ke tembok.

Tamerlane terhenyak bangkit dari duduknya dan berteriak! Kalau begitu, ia pun akhirnya bisa menang!. Dan benar, ia berhasil! Setelah mengumpulkan kekuatanya kembali dengan mudah ia mengalahkan musuhnya. Daerah kekuasaannya kemudian meluas dari Laut Hitam sampai ke wilayah hulu sungai Gangga.

4. Mengembangkan Sikap Gigih.


Kegigihan dalam berusaha merupakan salah satu kiat terpenting dalam mencapai suatu keberhasilan. Mereka adalah orang-orang yang pantang menyerah walaupun berkali-kali mengalami kegagalan. Keberhasilan hanya dapat dicapai oleh mereka yang dapat mengatasi rintangan dan rasa putus asa. Keberhasilan seseorang bukan dinilai dari hasil yang telah dicapainya, tetapi dari berat ringan dan jumlah rintangan-rintangan yang ia hadapi saat ia berusaha meraih keberhasilan itu sendiri.

Bagaimana cara mengatasi kegagalan untuk meraih sukses atau keberhasilan? Saya punya kalimat bagus yang bisa Anda gunakan. 

Kalimat-kalimat Positif yang penuh semangat untuk meraih keberhasilan:


1. Saya tak akan pernah menyerah jika saya tahu bahwa apa yang saya lakukan itu benar.

2. Saya yakin akan dapat mengatasi semua rintangan jika saya terus berusaha sampai berhasil.

3. Saya tetap berani dan tak gentar walaupun berbagai rintangan menghadang.

4. Tak seorang pun saya biarkan mempengaruhi saya atau menghalangi tujuan saya.

5. Saya akan berusaha sekuat tenaga mengatasi kelemahan-kelemahan fisik serta kekuarangan saya.

6. Saya akan terus bersaha dengan ggih untuk menggapai apa yang saya cita-citakan.

7. Saya akan berusaha memperbaiki serta memperbaharui sikap saya dengan berpedoman pada pengalaman cara orang-orang sukses mengatasi kegagalan.

8. Saya akan pantang mundur dan pantang berputus asa sesulit apapun rintangan yang harus saya hadapi.

Kalau kita ingin berhasil. jangan sekali-kali meremehkan sifat gigih. Sifat ini merupakan salah satu sifat yang harus dipupuk guna mengatasi rasa putus asa.

Berikut kiat-kiat tips cara meningkatkan kegigihan:


1. Tujuan Yang Pasti.


Yang pertama-tama harus Anda miliki dan sekaligus merupakan langkah awal paling penting untuk mengembangkan sikap gigih dalah memiliki tujuan yang pasti. Motivasi yang tinggi akan sangat membantu Anda mengtasi kesulitan-kesulitan.

2. Niat.


Untuk dapat mengenbangkan serta memelihara sikap gigih dalam mengejar apa yang Anda ingin raih akan lebih mudah jika dilakukan dengan niat.

3. Target.


Dengan telah ditentukannya target serta rencana, maka akan berkembang pada diri Anda sikap gigih.

4. Pengetahuan yang Akurat.


Tugas pertama yang wajib Anda lakukan adalah mewujudkan rencana. Berdasarkan pengalaman serta hasil studi, dengan mengetahui bahwa rencana suda akan lebih terpola, keinginan untuk mewujudkan akan lebih terarah. Jika rencana belum tepola hasil yang didapat pasti berbeda.

5. Kerjasama.


Kegigihan akan terpupuk jika kita juga senantiasa menunjukan sikap simpati, pengertian serta mau bekerjasama dengan orang-orang lain.

6. Tekad.


Tekad untuk mengarahkan seluruh rencana agar bisa terwujud akan semakin memantapkan sikap gigih.

7. Kebiasaan.


Sikap gigih bisa terbentuk karena faktor kebiasaan. Munculnya sikap tersebut didapat melalui pengalaman hidup sehari-hari.

Mereka yang selalu memelihara sikap positif lebih bisa menikmati hidup bagaimana pun keadaan mereka. Bahkan jika telah terbiasa mengatasi kegagalan dan pantang menyerah, Mereka akan lebih luwes mengatasi kendala-kendala berikutnya yang harus mereka hadapi. Mereka bisa dengan mudah mewujudkan segenap cita-cita serta keberhasilan yang ingin dicapai.


Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memulai Menyusun Target, Rencana dan Tujuan

Tips bagaimana penampilan sekretaris yang berkelas terlihat menarik, anggun, dan elegan

MOTIVASI DIRI SENDIRI - KATA KATA MOTIVASI DIRI SENDIRI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG

Cara Menciptakan Disiplin Dalam Hidup

Model Rambut Wanita 2017 Cantik Trendy Cetar Membahana