Apa yang membuat keluarga yang kuat, bahagia, harmonis dan sukses?

Apa yang membuat keluarga yang kuat, harmonis dan sukses? Mungkin jika Anda saat ini sedang mengalami kekacauan dalam rumah tangga Anda, ekonomi yang melilit keluarga Anda, anak-anak yang sulit diatur, atau hubungan Anda bersama istri atau suami Anda menjadi renggang dan Anda bingung apa yang menyebabkan semua ini sementara Anda sudah sabar dan berusaha melakukan hal  baik dan wajar namun tetap saja keadaan "garing" dan suasana keluarga tidak sehangat dulu.

Untuk hidup bahagia ada setidaknya lima hal yang memberikan kontribusi hubungan keluarga yang kuat yang mungkin luput dari perhatian Anda selama ini. Namun demikian semua belum terlambat dan Anda tidak boleh menyerah karena keluarga Anda adalah yang sangat berarti bagi Anda bukan?.

keluarga, keluarga yang kuat, keluarga bahagia, keluarga harmonis, keluarga sukses
    Sumber foto : www.dsource.in

5 hal penting untuk keluarga yang kuat, harmonis dan sukses


1. Belajar

Keluarga yang kuat adalah keluarga yang memiliki karakter, artinya Anda harus memiliki suatu ketetapan pola kehidupan dan aturan dalam keluarga Anda. Jika Anda memiliki anak, Anda bisa memulainya dengan mengatur siaran program televisi apa yang di ijinkan untuk di tonton kemudian memberikan arahan atau bimbingan mengenai apa yang baik dan boleh di aplikasikan dalam pergaulan luar rumah dan mana yang tidak boleh dilakukan. Hal ini akan memberikan efek suasana yang hangat dan harmonis karena tidak hanya menonton televisi tetapi juga berkomunikasi dengan Anak atau anggota keluarga Anda.

2. Kesetiaan  

Setialah selalu pada keluarga Anda, baik dalam susah ataupun senang, sehat ataupun sakit, baik dalam masa kejayaan ataupun keterpurukan. Keluarga yang kuat adalah yang selalu bersama-sama melewati warna warni dan lika-liku kehidupan, tempat belajar untuk menerima dan memberi. Jadikan keluarga sebagai tempat peraduan satu sama lain.

3. Cinta keluarga

Cinta adalah jantung keluarga. Semua manusia memiliki kebutuhan untuk saling mencintai dan di cintai dan keluarga seharusnya menjadi tempat utama untuk mengungkapkan cinta. Namun kenyataanya mungkin berbeda, banyak yang mengungkapkan cinta bukan pada keluarga dan ini adalah suatu delima. Keluarga yang di penuhi cinta di dalamnya merupakan ciri ciri keluarga yang kuat dan harmonis karena adanya hubungan kebersamaan yang erat baik mental dan fisik saling melengkapi.

Suasana keluarga yang memiliki cinta sejati didalamya biasanya memiliki kejujuran, keterbukaan, saling menghargai, kesabaran, pengertian dan pengampunan. Cinta seperti itu tentunya tidak datang dan terbentuk dengan otomatis, di perlukan usaha Anda dan inilah peranan Anda dan anggota keluarga Anda yang lain untuk bersama-sama dengan terus menerus menciptakan suasana itu setiap hari.

Luangkan waktu Anda, lakukanlah beberapa kegiatan secara bersama-sama, misalnya; menonton televisi atau makan bersama, bukankah keadaan yang seperti itu yang Anda harapkan? kenapa Anda masih menahanya? Lakukanlah sesuatu sikap positif dengan penuh cinta kasih dan kasih sayang, dengan kesabaran dan pengampunan Anda akan memiliki keluarga yang kuat dan harmonis.

Baca juga : Apa itu bahagia, bahagia-kah saya?

4. Tertawa


Kapan terakhir kali Anda dan anggota keluarga Anda tertawa secara bersama-sama? Bagaimana suasana saat hal itu terjadi? Bukankah menyenangkan dan menenangkan bila hal itu sering terjadi dalam keluarga Anda. Tertawa adalah obat keluarga yang baik dan dengan humor dapat melenyapkan ketegangan dalam keluarga.

Dengan tertawa Anda belajar untuk melihat diri secara jujur dan objektif dan perlu di ingat membangun keluarga yang kuat dan harmonis adalah suatu hal yang serius, tapi jika dilakukan dengan terlalu serius kehidupan keluarga pun akan menjadi sangat tegang. Nah, dengan upaya tawa itulah dapat menyeimbangan keadaan dan memberikan Anda pandangan yang realistis akan hal yang terjadi pada keluarga Anda. Lagian dengan belajar tertawa bersama dengan cara yang positif akan memberikan hubungan yang erat dan hangat dalam suasana kebersamaan keluarga Anda.

5. Pentingnya Pemimpin dalam keluarga

Peranan pemimpin dalam keluarga sangat mempengaruhi keluarga itu akan kuat atau malah sebaliknya menjadi lemah. Nah, sebaiknya peranan ini dapat dilakukan dengan tegas dan komitmen yang jujur dan konsisten dalam melakukan pola kehidupan yang tercipta dalam keluarga Anda. Jika semua anggota setiap individu memiliki aturan masing-masing ini akan menjadi kendala dalam terciptanya keluarga yang harmonis dan sukses.

Oleh sebab itu dibutuhkan saling memahami satu sama lain, dan adil, setiap pengambilan keputusan berdasarkan kebersamaan persetujuan anggota keluarga dan setiap individu bekerjasama secara bersama-sama untuk membentuk pola cara hidup didalam aturan keluarga dan Anda atau orang tua memegang kendali atas keluarga Anda.

Demikian ulasan mengenai apa yang membuat keluarga kuat, bahagia, harmonis dan sukses, semoga dengan tips 5 hal penting tersebut dapat membantu dan menginspirasi Anda.

Sumber : http://www.advocatesforyouth.org
Baca juga : Cara menemukan kebahagian sejati

The-BC 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memulai Menyusun Target, Rencana dan Tujuan

Tips bagaimana penampilan sekretaris yang berkelas terlihat menarik, anggun, dan elegan

MOTIVASI DIRI SENDIRI - KATA KATA MOTIVASI DIRI SENDIRI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG

Motivasi Mengalahkan Diri Sendiri - Menang tanpa jadi pecundang

Ini Wanita Berkelas