MENJADI PERCAYA DIRI

Cara untuk menjadi percaya diri merupakan suatu upaya langkah membentuk mental diri agar dapat tampil menarik di depan umum, terlihat berkelas dan elegan. Orang yang memiliki sifat rasa percaya diri yang tinggi dalam dirinya biasanya mereka memiliki ciri-ciri selalu berpenampilan bersih dan rapi selain itu sikap dan tutur katanya juga tersusun baik sehingga biasanya mereka yang percaya diri pandai dalam berbicara. Orang yang percaya diri adalah orang yang sangat peduli dengan penampilannya, mereka percaya kerapihan dan kebersihan adalah bagian dari iman dan keyakinan diri. Tentunya mereka dapat seperti itu tidak datang secara alamiah dan otomatis begitu saja, semua butuh proses dan yang pasti semua hal itu dapat di pelajari oleh Anda. Bagaimana cara agar percaya diri dan dapat berbicara di depan umum tanpa minder dan rasa malu? pertanyaan klasik yang sering kita dengar.

Sebelumnya, apa yang di maksud dengan percaya diri? Percaya diri atau yang sering Anda sebut self confidence adalah mengenai konsep diri, bagaimana Anda memandang diri Anda. Percaya diri terbina dari keyakinan diri sendiri sehingga kita terdorong dan merasa mampu untuk berbuat dan melakukan sesuatu atas dorongan keyakinan yang ada didalam diri kita sendiri. Namun untuk membangun citra diri yang berani tampil energik dan percaya diri tentunya tidaklah mudah, diperlukan sikap positif yang konsisten dan memelihara kinerja otak Anda agar selalu dalam jalur berpikir yang positif. Jarang kita temui orang yang sudah terbentuk karakter percaya diri dalam dirinya merasa gugup atau malu saat berbicara di depan umum, atau takut untuk tampil show of. Jika Anda termasuk dalam tipe orang yang takut berbicara di depan umum, takut di tunjuk untuk maju ke depan kelas oleh dosen untuk presentasi di kampus atau guru Anda di sekolah Anda misalnya, sebaiknya Anda saat ini juga mulailah untuk berlatih membentuk sikap Anda. Bagaimana cara membentuk sikap Saya sudah pernah ulas pada postingan saya sebelumnya di blog ini, Silahkan Anda bisa cari dalam daftar kategori inspirasi dan motivasi.

Percaya diri atau dalam bahasa gaul sehari-hari biasa kita dengar dengan istilah pede(PD) sebenarnya bisa di bentuk dan di bangun dalam diri Anda. Cobalah Anda mulai membaca buku-buku positif atau buku spikologi untuk menambah wawasan Anda dalam usaha membangun rasa percaya diri Anda. Sebenarnya simple dan sederhana untuk menjadi percaya diri mungkin Anda sudah pernah membaca berbagai tips meningkatkan rasa percaya diri atau tips berbicara didepan umum namun saya mau berbagi sedikit rahasia buat Anda agar dapat tampil menarik dan percaya diri, rahasia untuk menjadi percaya diri adalah dengan konsisten menjaga sikap dan berpikir yang positif terutama untuk diri Anda sendiri. Jangan pernah melabeli diri Anda sebagai korban dengan mengatakan diri Anda tidak layak, diri Anda tidak berharga, diri Anda jelek, diri Anda yang buruk, diri Anda bodoh, dll. Stop! berpikir negatif dan menjudge diri Anda sendiri. Inti dari menjadi percaya diri adalah memelihara pikiran Anda agar selalu positif, itu rahasia terbesarnya.

Ketika Anda mampu berpikir positif Anda akan ringan menjalani hari-hari Anda, sekalipun tantangan, rintangan dan hambatan datang dalam kehidupan Anda, Anda bukanlah seorang korban dan Anda tahu bahwa Anda tidak perlu menjadi minder. Anda akan dapat mudah mengatasinya dengan sikap yang elegan dan percaya diri bahkan Anda dapat tetap tersenyum lebar saat Anda mengusai sikap Anda, mengendalikan diri Anda dengan satu rahasia terbesar yaitu berpikir positif. Dan tentunya hal ini bisa menjadi bagian dari tips cara hidup sehat buat diri Anda sendiri. Pengaruh positif dari rasa percaya diri yang bagus dan tinggi yang dimiliki oleh seseorang akan berpengaruh terhadap beberapa hal berikut seperti Emosi Jiwa Seseorang.

Ketika orang telah memiliki dan mempunyai rasa PeDe (percaya diri) yang baik, maka yang bersangkutan akan lebih baik lagi dalam mengendalikan perasaannya bila sedang dalam dilema masalah emosi atau tekanan dari luar dirinya baik dalam pekerjaan, kehidupan rumah tangga, serta dapat lebih untuk menguasai dirinya dalam bertindak lebih tenang dan dapat menentukan saat yang tepat untuk melakukan suatu tindakan dalam memecahkan suatu permasalahan hidup. Sesungguhnya rasa percaya diri adalah sebuah sikap yang positif bagi kehidupan kita dan juga segi mentalitas diri kita. Percaya diri akan membawa seseorang pada rasa optimisme dalam menjalani hidup. Percaya diri dan optimis adalah modal awal yang menentukan keberhasilan, dalam menghadapi setiap masalah yang akan dihadapi.

Berikut Tips Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri:


1. Pilihlah sebuah aktifitas/kegiatan yang menurut Anda masih kurang percaya diri. Dengan hal ini Anda akan belajar banyak mengenai penyebab rasa tidak percaya diri Anda yang sesungguhnya. Dengan hal ini diharapkan Anda akan bisa secara pelan-pelan mengatasi rasa minder atau tidak PD pada diri Anda. Dan mengeksplorasi segala hal untuk bisa menumbuhkan rasa percaya diri tersebut.

2. Tentukanlah target keberhasilan dari sebuah aktifitas/kegiatan Anda. Target adalah sesuatu hal yang ingin Anda capai. Bila Anda memiliki sebuah targat yang harus dicapai maka hal ini akan menumbuhkan semangat dalam diri Anda untuk terus berusaha dan berusaha, berjuang mencapai target keberhasilan tersebut.

3. Beranikan diri Anda, dorong! Jangan Takut Terhadap Tantangan. Dengan Anda berani melakukan sebuah tantangan adalah teknik satu cara langkah awal dalam meyakinkan diri Anda akan kemampuan diri sendiri. Jika Anda hanya melakukan sekedar apa yang hanya Anda bisa, maka Anda tidak bisa melihat kemampuan diri Anda sendiri yang sesungguhnya. Dengan melakukan tantangan, maka Anda akan lebih terbuka, dan bahkan akan bisa dan mampu. Dengan kata lain bahwa ternyata Anda bisa melakukan sesuatu yang selama ini mungkin Anda anggap tidak bisa atau mustahil. Maka dengan melakukan hal seperti ini percaya diri pun akan naik dan meningkat.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda namun satu hal tadi dapat cukup membantu yaitu jika Anda mampu dengan konsisten memelihara sikap positif dengan selalu berpikir positif. Hal umum kendala dan masalah pada rasa percaya diri yang sering sekali di jumpai di jaman ini adalah minder (tidak percaya diri). Dan beberapa penyebab dari rasa minder ini biasanya adalah bisa karena faktor dari lingkungan, kemudian bisa juga dari hasil didikan orang tua yang penuh dengan larangan, kurang mendapatkan kasih sayang dari orang tua, tidak mendapatkan contoh teladan yang baik dari orang tua, rasa trauma akan kegagalan dan kejadian buruk di masa lalu juga akan bisa menjadi faktor penyebab rasa tidak percaya diri ini pada diri seseorang.  

Kepercayaan diri adalah modal dasar yang harus Anda miliki dalam diri Anda bila Anda ingin maju dan berhasil dalam karir, profesi Anda ataupun kehidupan Anda. Bayangkan berapa banyak sudah kesempatan yang Anda lewatkan ketika Anda merasa minder dan tidak percaya diri, sebenarnya Anda tahu Anda bisa, Anda mampu tapi Anda takut dan kurang pede(PD) untuk mengambil kesempatan tersebut, untuk memulai berbicara, untuk mengajukan usul, untuk bernegosiasi, dll. Iya atau iya? Nah, sekarang jika Anda sudah tahu pentingnya arti pengembangan diri Anda untuk menjadi pribadi yang penuh percaya diri untuk hidup bagi masa depan dan kesuksesan Anda maka tidak ada alasan bagi Anda untuk tetap terus memenjarakan dan mengurung cita-cita dan impian Anda dalam penjara batin Anda karena hal yang sebetulnya dapat Anda ubah oleh diri Anda sendiri. Ada begitu banyak manfaat ketika Anda menjadi pribadi yang percaya diri, Anda akan ringan menjalani hari hari Anda, Anda akan nyaman dengan diri Anda sendiri dan tentunya Anda akan menjadi pribadi yang jauh lebih baik dan lebih beruntung dari mereka yang kurang percaya diri.

Berusahalah dan upayakan untuk mulai tegas pada diri Anda sendiri, mulailah latih diri Anda, pelajari teknik-teknik menjadi percaya diri, belajar dari orang-orang sukses bagaimana mereka bisa tampil begitu percaya diri bahkan sangat baik saat presentasi berbicara di depan publik. Semua bisa di pelajari dan Anda selalu punya potensi untuk menjadi lebih baik jika Anda mau mengupayakannya karena sesungguhnya kunci percaya diri adalah adalah keyakinan kita akan kemampuan diri kita sendiri.

BEBERAPA MANFAAT PERCAYA DIRI:


1. Membuat Diri Menjadi Optimis


Setiap manusia pasti akan menghadapi suatu masalah baik tantangan, rintangan ataupun hambatan-hambatan dalam kehidupan, entah itu yang berhubungan dengan masalah pribadi maupun orang lain. Dalam penyelesaian masalah biasanya manusia memiliki cara yang berbeda-beda setiap orang tergantung bagaimana mereka memandang setiap masalahnya. Seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang rendah biasanya akan sulit dalam menyelesaikan masalahnya daripada yang memiliki rasa percaya diri tinggi. Ini dikarenakan dengan memiliki percaya diri yang tinggi akan membuat Anda menjadi optimis sehingga memudahkan dalam menyelesaikan setiap masalah.

2. Menghilangkan Keraguan


Hati manusia yang dipenuhi keraguan hanya akan membuat mereka takut dalam mengambil suatu tindakan dalam kehidupan. Sikap keragu-raguan tak jarang menjadikan mereka gagal dalam setiap kesempatan yang mungkin datang. Tetapi hal ini akan berbeda jika Anda memiliki rasa percaya diri, karena dengan rasa percaya diri akan membantu menghilangkan keraguan yang ada didalam benak dan pikiran Anda sehingga Anda menjadi mampu mengambil setiap keputusan dengan jernih dan tepat.

3. Membantu Mengekspresikan Diri


Dalam Anda berinteraksi dengan orang akan sangat ditentukan oleh kemampuan Anda dalam mengekspresikan diri. Jika ekspresi diri Anda memperlihatkan kesan yang kaku akan membuat proses interaksi sosial Anda mendapat respon negatif yang berakhir dengan kegagalan. Dengan rasa percaya diri yang tinggi akan membuat Anda mudah mengekspresikan diri Anda secara positif dan leluasa sehingga kehidupan interaksi sosial Anda akan berjalan lancer dan baik.

4. Mampu Berpikir Realistis


Kebanyakan manusia ketika dihadapkan pada dua pilihan selalu memilih hal yang beresiko lebih tinggi meskipun mereka sudah tahu akan risiko kegagalan yang tinggi. Tetapi jika Anda memiliki rasa percaya diri akan mampu membuat Anda berpikir realistis dalam suatu pilihan, setelah menimbang kemampuan dan peluang yang ada barulah Anda akan membuat pilihan yang tepat. Dalam hal ini Anda akan lebih berpikir rasional ketimbang dari hanya menebak-nebak kemungkinan yang akan terjadi.

5. Meningkatkan Kualitas Diri


Kualitas dalam diri seseorang akan mempengaruhi bagaimana kehidupan mereka dalam bermasyarakat dan bersosialisasi. Dengan semua manfaat yang telah disebutkan akan membuat kualitas diri Anda sendiri meningkat. Dengan kualitas diri yang meningkat akan memudahkan Anda dalam menjalani kehidupan dan menggapai tujuan ataupun rencana-rencana Anda selanjutnya untuk mencapai keberhasilan.

6. Membantu Anda Meraih Kesuksesan


Gerbang kesuksesan hanya akan terbuka bagi mereka yang mau berupaya dan bekerja keras bersusah payah dalam berusaha dan tidak hanya berdiam diri saja. Orang yang memiliki rasa percaya diri yang rendah biasanya akan takut dalam berusaha sehingga dapat dipastikan kesuksesan akan berlalu dan meninggalkan mereka, sedangkan jika Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi akan membuat Anda selalu melakukan hal yang positif dengan kreatif dan produktif dalam berusaha meraih puncak kesuksesan Anda.

7. Membangkitkan Semangat Diri


Ketika diri Anda di penuhi sikap dan pikiran yang positif dan kepercayaan diri pada diri Anda meningkat, biasanya Anda akan menjadi konselor atau motivator dadakan yang dapat membantu meningkatkan dan membangkitkan semangat diri rekan-rekan atau kerabat di lingkungan Anda, di kantor, di lingkungan rumah, di sekolah, di kampus, dan dimanapun. Biasanya dengan senang hati Anda akan berbagi pengalaman dan membantu mereka yang kurang percaya diri untuk membangkitkan kembali semangat diri mereka agar percaya diri.

Demikian mengenai bagaimana Anda dapat menjadi percaya diri dengan beberapa tips cara meningkatkan rasa percaya diri dan pengetahuan tentang berpikir positif sebagai landasan dasar agar Anda berhasil menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Semoga beberapa manfaat dari percaya diri diatas bisa memotivasi diri Anda untuk jadi lebih baik dan bersemangat dalam membentuk diri Anda menjadi orang yang percaya diri. Good luck!

Baca juga: Tips Faktor Kesuksesan

The-BC
Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan

Comments

Popular posts from this blog

MOTIVASI DIRI SENDIRI - KATA KATA MOTIVASI DIRI SENDIRI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG

PEMBUAL : Apa ciri-ciri seorang pembual ? # RAHASIA

Model Rambut Wanita 2017 Cantik Trendy Cetar Membahana

Trend Fashion Pria 2017 Terbaru Yang Menarik, Berkelas dan Elegan

TEMUKAN CARA BERSYUKUR - Yuk Kita BERSYUKUR..!!