Cara Untuk Membentuk Sikap

membentuk sikap, merubah sikap, sikapCara untuk Membentuk Sikap Anda, langkah pertamanya adalah masukan/inputan. Segala sesuatu sejak Anda dilahirkan digunakan oleh alam bawah sadar sebagai masukan yang akan membentuk sikap. Jelas Anda tidak mungkin mengulang kembali proses kelahiran. Yang dapat Anda lakukan sekarang adalah mengubah masukan. Ini akan mempengaruhi pikiran dan seluruh tubuh Anda secara positif. Perlu di ingat bahwa untuk mengubah sikap, Anda harus mengubah pola pikir.

Kemudian langkah kedua dalam pembentukan sikap adalah pemrosesan masukan yang kita terima. Anda mendengar apa yang dikatakan orang lain, melihat apa yang mereka lakukan, dan memproses informasi itu dan menentukan sikap Anda. Ketika Anda bertindak berdasarkan kepercayaan, secara bertahap itu menjadi pola pikir alias sikap.

Saya pribadi mungkin memilih untuk percaya bahwa saya dapat melakukan apa saja. Saya terbangun pada pagi hari tanpa pernah membayangkan kemungkinan kekalahan. Itu memengaruhi segala sesuatu yang saya lakukan, katakan atau pikirkan.

Unsur yang terakhir atau langkah ketiga untuk membentuk sikap adalah pengokohan/Peneguhan. Ketika Anda memilih suatu sikap, itu akan berakar kuat sementara Anda menerapkanya hari demi hari.

Ke tiga langkah untuk membentuk sikap ini bekerja sama dengan indah. Namun seandainya ada sikap tertentu yang menghalangi kesuksesan yang sebenarnya dapat Anda raih, dapatkah Anda mengubah sikap itu?Ya, Anda dapat mengubahnya!

Mengubah suatu sikap tidak mudah dan tidak dapat dilakukan dengan cepat, tetapi kemungkinan itu ada. Pertama, Anda harus memilih untuk berubah!

4 Prinsip Dasar untuk Mengubah Sikap:


  • Taburlah suatu pemikiran, Anda akan menuai suatu tindakan.

  • Taburlah suatu tindakan, Anda akan menuai suatu kebiasaan.

  • Taburlah suatu kebiasaan, Anda akan menuai karakter.

  • Taburlah karakter, Anda akan menuai untung.

     

3 Hal Penting untuk Membentuk Sikap:


Sikap beroperasi di tiga bidang: Pikiran, Perkataan dan Perilaku. Apa yang memenuhi pikiran Anda akhirnya diubah menjadi kata-kata yang Anda ucapkan, kemudian kata kata Anda akan melahirkan tindakan. Anda dapat melakukan intevensi dalam proses pembentukan sikap pada salah satu dari ketiga hal; Pikiran, Perkataan atau Perilaku.

1. Bentuklah Pikiran Anda.


Setiap kali Anda menyadari diri Anda sedang berfikir misalnya "Saya tidak bisa" atau "Saya takut", berhentilah dan katakan kepada diri Anda, "Hei, lihat lagi. Saya akan mengambil kesempatan ini. Saya dapat melakukanya!"

Atau buatlah pesan kesuksesan Anda sendiri, misalnya "Saya tahu saya dapat melakukan ini" atau "Saya percaya saya-lah orang yang tepat untuk melakukan ini!" atau apapun, buatlah afirmasi positif buat diri Anda sendiri. Penting untuk Anda ketahui rahasia permainan pikiran ini, hal yang penting untuk dikerjakan adalah menghancurkan pola pikir otomatis yang negatif.

2. Ubahlah Pola Perkataan Anda.


Seberapa sering Anda mengucapkan perkataan negatif atau mengungkapkan keraguan, tidak percaya kepada kemampuan Anda, atau ketakutan? Tulislah beberapa perkataan positif yang akan Anda pakai bila ada kesempatan. Pastikan kata kata positif itu mengungkapkan jenis sikap sukses yang ingin Anda terapkan. Berlatihlah mengucapkanya sehingga Anda akan mengingat kata-kata positif itu ketika diperlukan.

3. Ubahlah Perilaku Anda.


Seorang teman saya mendapat project yang menantang dalam pekerjaanya. Bukanya mulai mengerjakanya, ia malah duduk santai di depan televisi. Ketika ia menyadari apa yang sedang dilakukanya, ia berusaha bangkit, bangun dari tempat duduknya, mematikan televisi itu dan mulai mengerjakan project-nya itu. Intervensi terhadap perilaku Anda sering kali merupakan hal yang paling mudah untuk mulai melakukan perubahan.

Di bagian mana Anda melakukan intervensi itu terserah Anda, karena kepribadian Anda unik dan kemampuan Anda tidak sama dengan orang lain alias berbeda.

Tips Cara untuk melakukan Intervensi Merubah Sikap.


Salah satu cara paling efektif melakukan intervensi mengubah sikap adalah menggunakan Prinsip Kekuatan Pikiran untuk mengubah sikap Anda, yang mencakup menggunakan teknik visualisasi, mengikuti rencana tertentu, membuat rencana untuk mencapai tujuan tertentu.

  • Mulailah dengan melewatkan waktu sejenak untuk bersantai dengan tenang, buatlah diri Anda relax. Singkirkan dulu semua kekhawatiran, ketakutan dan kecemasan.

  • Bacalah teks yang Anda tulis yang menggambarkan sikap atau keyakinan yang ingin Anda terapkan.

  • Secara aktif, bayangkan diri Anda sedang bertindak, berbicara, atau merasakan sesuai dengan sikap atau kepercayaan tersebut.

  • Akhirnya, melalui visualisasi, wujudkanlah dalam tindakan.

Sikap, karena merupakan pola pikir atau kebiasaan kita dalam berfikir, tidak terbentuk dalam semalam. Sediakan waktu untuk menyerap masukan atau inputan yang baru dan positif untuk membuat perubahan yang di inginkan. Rencanakan pengokohan yang positif, yaitu memberikan reward atau hadiah kepada diri Anda bila Anda berhasil melakukanya.

Penting untuk mengukur kemajuan/perkembangan Anda dengan membandingkan posisi sekarang dengan posisi ketika baru mulai. Ini akan mendorong Anda melanjutkan upaya atau usaha untuk bertumbuh dengan membuktikan bahwa pertumbuhan itu mungkin terjadi. Jangan lupa bersyukur atas kemajuan Anda adalah bagian penting dari proses peneguhan/kemantapan hati Anda.

Manfaat dari Sikap yang Positif:


  1.  Semangat bertambah

  2.  Terbebas dari kungkungan ketakutan

  3.  Daya kreativitas meningkat

  4.  Kepuasan dalam mengambil inisiatif

  5.  Sukacita ketika menggunakan lebih banyak potensi yang diberikan Tuhan.

  6.  Kesempatan yang tidak terbatas.

  7.  Bertambahnya teman-teman dan rekan-rekan yang juga bersikap positif.

  8.  Efisiensi yang semakin bertambah dalam memanfaatkan waktu dan energi Anda.


Apakah Anda masih mungkin melakukan kesalahan? Ya, tentu, mungkin saja, tetapi melakukan beberapa kesalahan masih lebih bermanfaat daripada menghindarinya. Orang-orang yang sangat takut melakukan kesalahan tak mau mengambil resiko dan dengan demikian tidak akan bertumbuh atau belajar.

Tergantung pada sikap Anda, setiap rintangan dan tantangan berpotensi menjadi hal terbaik yang pernah terjadi pada Anda. Sikap Andalah yang menentukan! kata bijak Aristoteles mengatakan:
"Kita adalah apa yang sering kali kita lakuan; keunggulan bukanlah tindakan, melainkan kebiasaan."

Baca juga : Motivasi Sukses Janji Sang Optimis

The-BC
Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan

Comments

Popular posts from this blog

Model Rambut Wanita 2017 Cantik Trendy Cetar Membahana

Kata Bijak Kehidupan yang Berkelas dan Elegan

Model Rambut Pria Berkelas 2017 tampil menarik dan elegan

MOTIVASI DIRI SENDIRI - KATA KATA MOTIVASI DIRI SENDIRI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG

MEMAHAMI INTEGRITAS DIRI dan MANFAATNYA