Menjadi Pribadi yang Menarik, Berkelas dan Elegan

pribadi yang menarik, berkelas, elegan
Kepribadian yang menarik terdiri dari macam-macam faktor. Mulai dari penampilan, gaya berbicara, sikap, wawasan dan pola pikir Anda. Dan perlu Anda ingat, meskipun penampilan dan uang juga berpengaruh namun seseorang yang memiliki penampilan menarik, cantik, ganteng ataupun kaya raya belum tentu memiliki kepribadian yang menarik.

Salah satu faktor utama dalam pembentukan kepribadian yang menarik adalah HIDUP YANG MENARIK. Agar Anda dapat memiliki kepribadian yang menarik, pertama-tama Anda harus memiliki dan menjalani kehidupan yang menarik. Yang penuh dengan petualangan, pergaulan luas, pengalaman-pengalaman baru yang unik dan menyenangkan. Anda harus menyukai dan menikmati hidup Anda terlebih dahulu sebelum membuat orang lain tertarik ingin tahu tentang Anda dan kehidupan Anda.

Kehidupan mengindahkan apa pun yang Anda indahkan.
Jika Anda mengindahkan yang baik dan yang memuliakan kehidupan, kehidupan akan membangun dan memelihara kedamaian dan kebahagiaan Anda.
Jika Anda mendahulukan kemalasan dan penundaan, kehidupan akan melambatkan datangnya kesejahteraan dan menunda kebahagiaan Anda.

Jika Anda menjadikan diri Anda penggembira dan pembahagia bagi keluarga dan kerabat Anda, kehidupan akan pasti menyegerakan kegembiraan dan kebahagiaan Anda. Tetapi, Jika Anda menenggelamkan diri dalam kesedihan dan mengisi hati dan pikiran dengan keluhan, kehidupan akan menambahkan kesedihan dan kesulitan yang dikiranya sangat Anda nikmati peratapannya. Jika Anda menjadikan pekerjaan Anda sebagai cara untuk membantu orang lain mencapai kesejahteraan mereka, kehidupan akan lebih menyejahterakan Anda agar Anda menjadi penyejahtera bagi lebih banyak orang lain.

Tampil berkelas lebih dari sekadar mengisap sebatang rokok di kafe sambil mendiskusikan perjalanan terakhir Anda ke sebuah galeri seni ataupun tempat yang Anda kagumi. Berkelas merupakan sebuah gaya, pola pikir, dan cara hidup. Jadi bagaimana cara Anda menjadi pribadi yang berkelas? Ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

1. Kuasai bahasa tubuh yang elegan.

Apabila Anda ingin menjadi elegan, Anda harus menguasai bahasa tubuh yang elegan sehingga orang lain akan langsung terkesan saat mereka melihat cara Anda membawa diri. Orang yang elegan selalu merasa percaya diri, bertanggung jawab, dan tenang. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda tidak berjalan terlalu cepat, mencari barang yang hilang di dalam tas dengan emosi yang tidak terkontrol, atau biasa bertindak dengan cara yang membuat Anda terlihat letih dan tidak yakin pada diri sendiri. Apabila Anda ingin terlihat elegan, gerakan tubuh Anda harus terukur dan tenang. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda coba:

# Ciptakan kontak mata dengan perlahan tetapi pasti. Jangan menatap orang-orang yang sedang tidak berbicara dengan Anda atau mengalihkan pandangan dari orang yang sedang berbicara dengan Anda.

# Hindarilah gerakan-gerakan kecil yang tidak perlu pada tangan Anda. Posisikan tangan di kedua sisi Anda atau lipatlah tangan dan letakkan di pangkuan apabila Anda sedang duduk.

# Pertahankan pada postur yang baik dengan menjaga supaya punggung dan leher tetap lurus serta memandang ke arah depan, bukan ke lantai. Akan sangat tidak elegan bila Anda bersandar atau membungkuk.

2. Milikilah potongan rambut yang elegan.

Bagian dari menjadi elegan adalah dengan menguasai penampilan. Pastikan bahwa Anda memotong rambut setiap 2 minggu sekali atau lebih dan perbaruilah model rambut paling tidak setiap tahun supaya Anda tetap mempunyai penampilan terkini dan trendi. Anda tidak harus mengikuti setiap tren yang Anda lihat, tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda terlihat segar dan bergaya, serta tidak terlihat menggunakan model rambut yang sama selama sepuluh tahun terakhir.

# Kombinasikan. Apabila Anda biasa mempunyai rambut yang sangat panjang, potonglah rambut dengan model bob pendek dan lihatlah bagaimana model rambut ini cocok dengan kepribadian Anda. Bagian dari upaya menjadi elegan adalah kemauan menerima hal baru tanpa mengikuti tren terlalu dekat.

# Pria sebaiknya menjaga supaya wajah mereka terlihat segar, tetapi mereka juga dapat memelihara jenggot atau sedikit rambut-rambut pendek (stubble). Anda tidak harus terbebas dari rambut-rambut di wajah untuk terlihat elegan. Jenggot bahkan dapat membuat penampilan Anda lebih elegan, khususnya bila Anda mempunyai uban pada jenggot.

3. Berpakaian dengan gaya.

Berpakaian dengan pakaian yang berkelas adalah keharusan bila Anda ingin terlihat elegan. Anda harus berusaha berpakaian dengan sedikit lebih formal pada setiap kesempatan, baik bila Anda sedang mengikuti ujian atau pergi ke pesta ulang tahun teman. Tidak berarti bahwa Anda harus mengenakan gaun pesta formal ke acara kasual, tetapi artinya adalah Anda harus berusaha berpenampilan 10% lebih elegan daripada orang-orang di sekitar Anda. Perbedaan kecil ini akan membuat Anda menonjol sebagai orang yang lebih elegan di antara banyak orang.

# Pakaian Anda tidak harus mahal, tetapi terawat. Pastikan bahwa Anda menjaga pakaian supaya tetap segar, bersih, dan tidak kusut.

# Pakailah pakaian yang sederhana, misalnya kemeja dan sweter dengan warna solid atau bergaris, daripada pakaian dengan pola yang rumit atau kaus dengan gambar dan tulisan lucu.

# Anda juga tidak membutuhkan lemari yang besar. Hanya dengan beberapa barang kunci, seperti celana jin hitam atau sebuah kaus putih yang dapat terus dikenakan sebagai pakaian yang sederhana tetapi elegan.

4. Gunakan aksesori yang berkelas.

Aksesori dapat membantu melengkapi penampilan elegan saat Anda sudah menentukan koleksi pakaian dan penampilan secara umum. Kuncinya adalah dengan tidak menggunakannya berlebihan, misalnya dengan mengenakan banyak aksesori sekaligus. Hanya dengan sedikit aksesori kunci, cukup membantu memberikan sentuhan elegan pada busana Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis aksesori yang dapat Anda coba:

# Kaca mata hitam sederhana.
# Ikat pinggang berwarna terang.
# Syal
# Jam tangan
  
5. Bicara Meyakinkan

Bicarakan mengenai pokok bahasan yang mutakhir. 
Apabila Anda ingin tampak berkelas, Anda harus siap membahas subjek mutakhir dan menghindari subjek kurang berkelas sebisa mungkin. Bersiaplah untuk membahas berita terbaru, politik, sastra, seni, acara budaya, atau apa pun yang menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi dengan wawasan luas yang mengetahui tentang apa yang sedang terjadi di dunia. Menjadi pribadi yang berkelas lebih dari sekadar penampilan tetapi kata-kata Anda juga harus menunjukkan bahwa Anda berkelas.  

6. Hindarilah percakapan yang akan membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Pemahaman mengenai apa yang sebaiknya tidak dikatakan sama pentingnya dengan pemahaman tentang apa yang sebaiknya tidak diperbincangkan. Meskipun Anda tidak harus menyensor diri sendiri seluruhnya sehingga akhirnya terdengar seperti orang lain, jika Anda ingin terdengar berkelas, Anda harus menghindari pokok bahasan yang akan membuat orang lain merasa ngeri, memutar mata, atau secara umum merasa seperti ingin keluar dari ruangan. Berikut ini adalah beberapa subjek yang sebaiknya tidak Anda bahas dalam percakapan apabila Anda ingin terdengar berkelas:

# Seberapa besar penghasilan Anda
# Fungsi jasmani
# Hubungan asmara singkat terakhir Anda
# Seberapa parah Anda mabuk semalam


7. Belajarlah berbicara lebih dari satu bahasa.

Jangan pergi keluar dan mengajar diri sendiri Bahasa Inggris hanya demi menjadi berkelas, tetapi pahamilah bahwa jika Anda benar-benar ingin menjadi berkelas, Anda harus mempunyai pikiran yang terbuka dan pengetahuan tentang budaya lain serta cara mereka menjalani hidup di negara yang berbeda; cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menguasai bahasa asing. Hal ini akan membutuhkan waktu, tetapi pasti akan membuat Anda semakin terlihat berkelas.

# Ambillah kursus dari tutor bahasa, atau bertanyalah pada seorang teman yang dapat berbahasa asing untuk mengajari Anda sebagai imbalan dari bantuan yang Anda berikan padanya.

# Belajar sebuah bahasa adalah belajar lebih dari sekadar rangkaian kata-kata dan ungkapan. Ini adalah tentang pelajaran bagaimana sekelompok orang yang lain menjalani hidup.

8. Hindarilah bahasa yang kasar.

Jika Anda ingin tampak berkelas, Anda harus menahan keinginan untuk mengutuk seperti seorang pelaut. Anda juga harus menghindari penggunaan bahasa yang vulgar, mengacu pada bagian pribadi Anda, atau pembahasan tubuh orang lain secara kasar. Jika Anda ingin menunjukkan bahwa pemikiran Anda berkelas, Anda tidak boleh mengutuk di antara setiap kalimat. Tetaplah sadar dengan kata-kata yang digunakan dan pastikan bahwa Anda menghindari apa pun yang terlalu menyinggung atau membuat Anda terdengar seperti anak berusia 13 tahun.

# Jika tanpa sengaja Anda menggunakan istilah yang kasar, meminta maaflah atau meminta diri. Tidak apa-apa untuk mengakui bahwa Anda telah membuat kesalahan, tetapi jangan meributkannya.

9. Tingkatkan perbendaharaan kata Anda.

Orang-orang yang benar-benar berkelas mempunyai kosakata yang mumpuni dan mampu menghasilkan kata yang tepat untuk setiap situasi. Apabila Anda ingin tampak berkelas, Anda harus menambahkan kata-kata yang lebih dari “baik” dan “jelek” pada perbendaharaan adjektiva Anda, dan Anda harus mampu menjelaskan sesuatu dengan bahasa yang canggih, ilmiah, dan bijaksana. Berikut ini adalah beberapa cara yang bagus untuk meningkatkan perbendaharaan kata Anda:

# Bermainlah teka-teki silang.
# Luangkan waktu dengan orang yang berbicara menggunakan bahasa yang formal.
# Bacalah, bacalah, bacalah.
# Tontonlah film yang canggih.
# Carilah kata-kata yang belum Anda ketahui.

10. Lakukan debat yang elegan.

Orang-orang yang berkelas mampu terlibat dalam debat yang sehat dan menyenangkan yang tidak akan berubah menjadi buruk. Jika Anda berbeda pendapat dengan seseorang, berlakulah baik, sopan, dan tidak menyalahkan selama Anda tetap berdebat aspek detail dari seni, politik, atau apa pun yang tidak Anda setujui. Jangan menggunakan bahasa yang kasar dan mengejek atau marah di tengah perdebatan; sebaliknya, gunakanlah pengetahuan Anda untuk membuktikan maksud Anda dan jangan pernah membuat orang lain merasa lebih kecil atau lebih bodoh daripada Anda.

# Bertidaklahlah seperti Anda telah mendapatkan sesuatu untuk dipelajari dari orang lain meskipun Anda yakin bahwa Anda benar. Sangat tidak elegan bila Anda bersikap keras kepala atau picik.

# Saat menyadari bahwa Anda mulai marah, meminta maaflah dan ambillah waktu sejenak untuk menenangkan diri.

11. Berbicaralah mengenai diri Anda dengan rendah hati.

Bagian dari menjadi berkelas adalah berperilaku dengan memberi kesan percaya diri secara halus tanpa menyombongkan diri sedikit pun. Oleh karena itu, saat Anda membahas kemampuan Anda di sekolah atau kantor, pastikan bahwa Anda tidak berbicara tentang betapa hebat, cerdas, atau briliannya Anda. Jika Anda melakukan sesuatu yang benar-benar hebat, orang lain akan mengakuinya tanpa perlu Anda memamerkannya. Jika Anda ingin terdengar berkelas, Anda harus berlatih menjadi rendah hati, tidak membanggakan diri sendiri, dan dihormati orang lain dengan membicarakan tentang diri sendiri seperti orang biasa pada umumnya – bahkan jika Anda adalah Bill Clinton.

# Jika Anda sedang berlari maraton, jangan katakan, “Wah, ini mudah sekali.” Jujurlah tentang betapa menantangnya kegiatan itu.

# Jangan mengumumkan daftar penghargaan dan kehormatan luar biasa yang telah Anda terima. Biarkan orang mengetahuinya dengan cara lain.

12. Pilihlah hobi yang berkelas.

Apabila Anda ingin tampak elegan, Anda tidak hanya harus terlihat dan terdengar berkelas – Anda juga harus mampu melakukan hal-hal yang berkelas. Banyak hobi dan kegemaran berkelas yang dapat Anda mulai, dan Anda harus memilih salah satu – atau beberapa di antaranya, yaitu yang benar-benar berarti bagi Anda, yang membuat Anda merasa menikmati saat melakukannya. Mempunyai hobi yang berkelas tidak hanya akan membuat Anda lebih elegan, tetapi juga membuat Anda memiliki kemungkinan lebih besar bertemu dengan orang-orang berkelas lainnya dan memberi topik canggih untuk diperbincangkan.

13. Ikutilah berita.

Apabila Anda ingin menjadi berkelas, Anda harus mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia. Anda harus mengetahui berita terhangat supaya Anda mempunyai pemikiran tentang bagaimana dunia bekerja setiap harinya dan Anda dapat berkontribusi pada percakapan tentang perubahan politik, seni, media, atau pemerintahan lokal. Pastikan bahwa Anda menonton berita selama setidaknya 15 menit per hari, atau lebih baik lagi, Anda berupaya membaca berita selama setidaknya 15-30 menit per hari, baik pada pagi hari, saat berada di kantor, atau selama perjalanan.

14. Berpengetahuan luas.

Anda harus berpengatahuan luas jika ingin benar-benar berkelas. Pengetahuan tentang karya sastra klasik dan kontemporer akan membuat Anda menjadi orang dengan kepribadian lebih berkembang sepenuhnya dalam semua aspek, menarik, dan elegan. Meskipun cukup sulit untuk membaca di antara jadwal yang padat, cobalah membaca setidaknya 2-3 buku, atau lebih, jika Anda dapat meluangkan waktu. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjadi orang yang lebih berwawasan:

# Berhenti menonton acara TV dan bersantailah dengan sebuah buku yang bagus sebagai gantinya; berhentilah mendengar musik pop dan dengarkan sebuah buku audio saat Anda dalam perjalanan ke kantor.

# Bacalah berbagai macam buku. Jangan hanya membaca fiksi, non fiksi. Bacalah buku dengan jenis yang berbeda yang menunjukkan budaya yang berbeda.

# Buatlah sebuah daftar buku yang ingin dibaca pada akhir tahun depan. Lihatlah seberapa banyak yang dapat Anda tandai dalam daftar setelah Anda membacanya.

15. Cintai dan hargailah budaya lain.

Anda tidak harus meninggalkan kota untuk belajar menghargai budaya lain meskipun perjalanan wisata adalah cara yang bagus untuk meningkatkan wawasan dan kelas Anda. Anda dapat menghargai budaya lain dengan cara yang tidak terbatas, mulai dari menonton film, makan masakan khas dari budaya yang berbeda, dan berinteraksi dengan orang-orang dari budaya berbeda yang dapat mengajari Anda beberapa hal. Tampil berkelas berarti tidak akan pernah terdengar tidak mengerti saat sebuah kata atau istilah asing muncul. Sebaliknya, Anda harus langsung mengetahuinya.

# Biasakan untuk mencicipi masakan dari budaya yang berbeda setidaknya sekali seminggu. Jangan makan makanan yang sama setiap hari.

# Tontonlah film asing setidaknya sekali atau dua kali sebulan. Anda akan merasa kaget dengan seberapa banyak yang dapat Anda pelajari dari budaya lain.

16. Jadilah diri sendiri, yang berkelas.

Tampil berkelas artinya menampilkan diri dengan baik, tidak berpura-pura bahwa Anda adalah orang lain dan melakukan hal-hal yang tidak Anda sukai.

# Cobalah hal-hal berkelas lainnya, tetapi tidak masalah jika Anda tidak tertarik nantinya.

# Anda tidak harus merokok atau minum untuk menjadi berkelas. Ada banyak orang yang sangat berkelas meninggalkan rokok atau alkohol. Anda tidak perlu menyesalinya.

# Tidak masalah untuk menikmati hal-hal yang biasa / umum.

Dan pada akhirnya pahamilah ini bahwa Berkelas tidak sama dengan sombong. Menjadi orang yang berpakaian rapi, berpendidikan baik, berbudaya, dan anggun adalah tujuan yang layak. Kadang ada yang keliru dengan menjadi sombong. Seseorang yang sombong akan memandang rendah orang-orang yang tidak berpakaian bagus, berpedidikan, anggun, dan sebagainya. Orang yang berkelas dapat bersikap baik hati, ramah, berwawasan luas, dan berpikiran baik tentang orang lain.

Sumber : kelascinta.com, pengubahhidup.wordpress.com, id.wikihow.com



Baca juga : Motivasi diri sendiri dengan kata-kata motivasi diri positif

Salam Hangat,

The-BC



Comments

Popular posts from this blog

Model Rambut Wanita 2017 Cantik Trendy Cetar Membahana

Kata Bijak Kehidupan yang Berkelas dan Elegan

Model Rambut Pria Berkelas 2017 tampil menarik dan elegan

MOTIVASI DIRI SENDIRI - KATA KATA MOTIVASI DIRI SENDIRI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG

MEMAHAMI INTEGRITAS DIRI dan MANFAATNYA