Wisata Kuliner di Jogja jangan lupa BELALANG GORENG Khas Gunung Kidul

wisata kuliner, belalang goreng, wisata kuliner jogjaWisata kuliner di jogja - Apakah Anda sedang berencana liburan wisata di jogja? Berwisata sambil hunting hunting kuliner memang hal yang asyik dilakukan dan memang sih biasanya setiap orang atau wisatawan saat berwisata mereka selalu menyempatkan diri untuk berburu kuliner di tempat wisata favorit yang di kunjunginya.

Ngomong-ngomong wisata, sudahkan Anda berwisata di kota jogja? Ada jenis makanan unik di jogja yaitu belalang goreng, apakah Anda sudah pernah mencicipi bagaimana rasa belalang goreng khas gunung kidul? Belalang merupakan hewan jenis serangga, mungkin di kota-kota jarang ditemui hewan jenis ini. Hewan serangga jenis belalang biasanya terdapat di ladang atau sawah di permukiman pedesaan. Makanan ini memang terlihat aneh karena bahan dasarnya sendiri adalah Belalang. Namun ternyata katanya sih Belalang Goreng ini memiliki rasa yang lezat dan juga bergizi. Belalang Goreng ini adalah salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal dari kota Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jenis belalang yang biasanya di gunakan untuk membuat Belalang Goreng ini adalah Belalang kayu yang di tangkap oleh masyarakat di ladang atau sawah. Belalang ini banyak di temukan di pohon – pohon yang ada di sana, biasanya Belalang tersebut dimasak dengan cara digoreng, dibacem goreng atau hanya dibakar saja. Bagi masyarakat Gunung Kidul, Belalang Goreng ini sering dijadikan lauk – pauk untuk makanan sehari – hari, sehingga bisa juga dijadikan sebagai penghasilan alternatif bagi sebagian orang yang mencarinya untuk di jual.

Saat ini berburu kuliner merupakan hal yang wajib bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke daerah-daerah wisatawan di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya akan kuliner, setiap daerah memiliki kekhasan di setiap masing-masing masakannya. Hal tersebut menciptakan beragam jenis kuliner yang siap untuk memanjakan lidah para wisatawan yang datang. Keunikan kuliner menjadi nilai tambah bagi daerah tujuan wisata.

Yogyakarta sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa memiliki berbagai macam masakan khas di setiap kabupatennya. Di Kabupaten Gunung Kidul yang sedang populer adalah kuliner belalang goreng. Karena unik dan tidak biasa, banyak wisatawan yang penasaran dan kemudian mencicipi panganan ini. Karena banyaknya yang menyukai kuliner ini banyak warga yang memproduksi belalang goreng dan menjualnya baik di toko maupun di pinggir-pinggir jalan.

Mungkin di daerah lain, belalang bukanlah hewan yang lazim untuk diolah menjadi sebuah makanan yang lezat bahkan dianggap sebagai hama bagi para petani. Namun warga Gunung Kidul dengan keterbatasan yang ada berhasil berinovasi untuk menciptakan makanan khas yang bahan bakunya mudah di cari di daerah mereka, tentu saja lezat serta unik.

    foto: kotajogja.com

Bagaimana rasa belalang goreng? Kata sebagian orang yang pernah mencicipi belalang goreng,  makanan ini seperti rasa udang. Walaupun terbilang seperti kuliner ekstrim namun makanan ini termasuk makanan yang halal, bergizi tinggi, dan mempunyai kadar kolesterol dan lemak yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi siapa saja. Rasanya yang gurih dan renyah, membuat banyak orang menyukainya dan ketagihan dengan makanan ini dan rasa krenyes itulah yang menjadi keunikan dari Belalang Goreng itu sendiri.

Bagi sebagian orang yang belum pernah mencicipi makanan belalang goreng ini, mungkin ada yang alergi setelah memakannya. Hal tersebut biasanya ditandai dengan gatal – gatal pada kulit tubuh karena efek dari protein yang di hasilkan dari belalang goreng tersebut. Namun menurut masyarakat disana, alergi tersebut bisa disembuhkan dengan cara minum kopi hitam yang diseduh tanpa gula. Cara ini dipercaya dapat menyembuhkan Anda dari alergi tersebut.

Berapa harga belalang goreng?  harga belalang goreng yang saya telusuri bervariasi, sepertinya  berkisar antara 20ribu, 35.000 ribu/box dengan kemasan toples bundar mika sampai dengan 50 ribu.
Belalang Goreng ini dapat sangat mudah Anda temukan di sepanjang jalan arah menuju pantai wisata di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Disana banyak orang yang berjualan di pinggir jalan atau toko oleh – oleh yang menyediakan Belalang Goreng ini. Nah, Bagi Anda yang akan berwisata di kota jogja tidak ada salahnya untuk mampir berkunjung ke Gunung Kidul dan berburu belalang goreng.

Demikian ulasan wisata kuliner di jogja, jangan lupa belalang goreng khas gunung kidul. Makanan oleh-oleh khas tradisional unik kota jogja, gunung kidul.

Selamat berwisata kuliner.
Baca juga : Foto di pohon wisata alam kalibiru kulonprogo jogja

The-BC
Blog motivasi dan inspirasi 

Comments

Popular posts from this blog

Tips bagaimana penampilan sekretaris yang berkelas terlihat menarik, anggun, dan elegan

Cara Memulai Menyusun Target, Rencana dan Tujuan

Motivasi Mengalahkan Diri Sendiri - Menang tanpa jadi pecundang

MOTIVASI DIRI SENDIRI - KATA KATA MOTIVASI DIRI SENDIRI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG

Model Rambut Wanita 2017 Cantik Trendy Cetar Membahana